Makna kemerdekaan Buat Anak Remaja

Kemerdekaan dimaknai sebagai suatu kebebasan.Bangsa Indonesia menyatakan dirinya merdeka dan harus bebas dari segala macam penindasan dan penguasaan asing, bangsa Indonesia bebas untuk menentukan nasibnya sendiri, berdaulat dan bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Disekolah SMPN 51 batam mengadakan beberapa lomba yang cukup menarik, mulai dari paduan suara, lomba hias kelas, Enggrang, dan bakiak. semua siswa siswi smpn 51 terlihat sangat bahagia. kami mengadakan lomba menghias kelas dan kelas 91 sangat bersemangat kami bekerja sama untuk membuat kelas tampak indah dan menarik dan

PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA

Dilaksanakan pada hari Jumat, 17 Agustus 1945 tahun Masehi, atau tanggal 17 Agustus 2605 menurut tahun Jepang, yang dibacakan oleh Soekarno dengan didampingi oleh Mohammad Hatta di sebuah rumah hibah dari Faradj Martak di jalan Pegangsaan Timur no.56, Jakarta pusat. Proklamasi tersebut menandai dimulainya perlawanan diplomatik dan bersenjata dari revolusi Nasional Indonesia, yang berperan melawan pasukan Belanda dan warga sipil pro-Belanda, hingga Belanda secara resmi mengakui kemerdekaan Indonesia pada tahun 1949.

Pada tahun 2005, Belanda menyatakan bahwa mereka telah memutuskan untuk menerima secara de facto tanggal 17 Agustus 1945 sebagai tanggal kemerdekaan Indonesia.Namun, pada tanggal 14 September 2011, pengadilan Belanda memutuskan dalam kasus pembantaian rawagede bahwa Belanda bertanggung jawab karena memiliki tugas untuk mempertahankan penduduknya, yang juga mengindikasikan bahwa daerah tersebut adalah bagian dari Hindia timur Belanda, bertentangan dengan klaim Indonesia atas 17 Agustus 1945 sebagai tanggal kemerdekaannya.

Dalam sebuah wawancara tahun 2013, sejarawan Indonesia Sukotjo, meminta pemerintah Belanda untuk secara resmi mengakui tanggal kemerdekaan pada 17 Agustus 1945. Perserikatan bangsa-bangsa mengakui tanggal 27 Desember 1949 sebagai tanggal kemerdekaan Indonesia.

Naskah proklamasi ditandatangani oleh Soekarno (yang menuliskan namanya sebagai “Soekarno” menggunakan ortografi Belanda) dan Mohammad Hatta, yang kemudian ditunjuk sebagai presiden dan wakil presiden berturut-turut sehari setelah proklamasi dibacakan.

Kemerdekaan memiliki beberapa makna mendalam, satu diantaranya dapat menumbuhkan rasa saling menghargai dan menghormati. Dengan kemerdekaan yang diperoleh, kita harus selalu menghargai jasa pahlawan yang berjuang meraih kemerdekaan dan menjaga negeri ini dengan jiwa nasionalisme yang tinggi.

BAGAIMANA MEMAKNAI KEMERDEKAAN

Setiap tanggal 17 Agustus, mengadakan upacara bendera untuk memperingati kemerdekaan Indonesia.membaca teks proklamasi dan menyanyikan lagu Indonesia Raya,dan memba undang-undang dasar 1945.dan sekarang Indonesia berumur 77 tahun.Pertama kali yang membaca teks proklamasi adalah presiden pertama yaitu ir.soekarno dan wakil presiden yaitu Moh.hatta.maka dari itu kita harus saling menghargai satu sama lain, supaya kita bersatu dan kita harus ingat bagaimana para pahlawan yang berjuang demi kemerdekaan Indonesia.maka dari itu kita harus menjaga persatuan dan kesatuan republik Indonesia.dan setiap tanggal 17 Agustus ada lomba seperti makan kerupuk, masukan paku dalam botol,panjat pinang,balap karung,lomba kelereng.

Dan pada puncak pembagian hadiah maka dari itu kita harus menjaga persatuan dan kesatuan kita agar tidak runtuh.Dan setiap upacara kemerdekaan Indonesia berada di tempat istana kemerdekaan.berada di kota JAKARTA yang disiarkan di televisi.dan orang yang menjadi paskibra berjumlah 3 dan selebihnya . PANCASILA berbunyi 1.KETUHANAN YANG MAHA ESA 2.KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB 3.PERSATUAN INDONESIA.  4.KERAKYATAN YANG DIPIMPIN OLEH HIKMAH KEBIJAKSANAAN DALAM PERMUSYAWARATAN/PERWAKILAN.  5.KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIA.   

Kita harus menjaga Indonesia karna kemajuan bangsa Indonesia di satu sisi menjadikan suatu lain menjadi lensar perekat dalam rangka membina persatuan dan kesatuan bangsa.masalah utama negara untuk mencapai kemajuan dan menjunjung persatuan bangsa.untuk itu,setiap warga negara Indonesia perlu mengamalkan nilai-nilai dan menjunjung persatuan dan kesatuan bangsa.perilaku yang menunjukkan mencintai persatuan dan kesatuan harus tampak dalam kehidupan kita sehari-hari.”BERSATU KITA TEGUH BERCERAI KITA RUNTUH”merupakan suatu ungkapan yang menyatakan betapa besarnya arti persatuan dan kesatuan.apabila bersatu padu, kita tidak hanya teguh dalam arti lebih kuat dalam menghadapi permasalahan, tetapi juga mampu menyelesaikan persoalan yang tidak dapat kita selesaikan sendiri.dalam kehidupan masyarakat, persatuan dan kesatuan sangat diperlukan masyarakat yang rukun dan harmonis.

Baca Juga Pelayanan Minimal di sekolah

Tentunya semakin baik Pelayanan di sekolah akan menambah penilaian saat Akreditasi Sekolah
Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *