Catatan Wasekjen Punguan Raja Sitempang Indonesia 3 April 2022

Acara Bona Taon Raja Sitempang Kota Batam, Selama Pandemi acara bonataon Raja Sitempang terhenti tidak dilaksanakan. Namun Tahun ini Pandemi sudah mereda dan akan menjadi endemi seperti penyakit biasa karena semua sudah rata-rata di vaksin 2 kali bahkan di Kota Batam sudah sebagian besar Vaksin Booster sama dengan halnya anggota Punguan Raja SItempang Kota Batam sehingga acara bonataon dapat dilaksanakan seperti marga-marga yang lain di Kota Batam. Semua anggota antusias dan merasa kerinduan sejak adanya rapat-rapat panitia. Tahun ini tuan Rumah Bonataon giliran wilayah Tiban Sekupang. Dalam WA group Anggota dan Pengurus terdapat antusias yang menunggu sampai satu wilayah mempersiapkan koor dan tari-tarian persembahan dalam acara tersebut.

Edaran undangan via WAG dan WA jalur Pribadi (Japri)

PUNGUAN RAJA SITEMPANG, BORU,BERE / IBEBERE SE KOTA BATAM

UNDANGAN PESTA BONA TAON

Horas ma di Hita,,

Asa Rappak udur ma hita marsogot di naro mandohoti ulaon PESTA BONA TAON NI PUNGUANTA, naung ta titi arina jala nanaeng ta patupa ima di Ari Marsogot,
Ari: Minggu
Tgl: 03 April 2022
Waktu: Mulai pukkul 10.00 Wib Pagi sahat tu nasippul.
Inganan: Di Gedung serba guna HKBP PALMARUM SEKUPANG

Jala himbauan tu Hita Saluhut, hami Sian pengurus BPH dohot PANITIA,
Marpangidoan asa ro be ma Hita Marsogot TEPAT WAKTU, asa boi ta mulai ulaoni di namamulai Sian acara KEBAKTIAN BERSAMA.
Disiala marningot waktu naboi tapakke di gedung i terbatas do tikkina olat ni JAM 5 SORE do naboi

Jadi asa uli Dohot denggan mardalan ulaoni, asa talean be ma rohatta mangihutton jadwal sesuai Dohot undangan on.

Note:
Siboan ulos na be.
Berpakaian rapi dan sopan.
Pakai masker

Botima BOA BOA SEKALIGUS UNDANGAN na boi pasahaton Nami tu Hita Saluhut di tonga ni punguanta.

MAULIATE JALA HORAS.

Sian Hami
PENGURUS BPH DOHOT PANITIA PESTA BONA TAON

(Undangan tertandatangani terlampir)

Tibalah hari ini adalah pesta Bona Taon Raja Sitempang Kota Batam yang terdiri dari beberapa wilayah dalam kota Batam yang saat ini sebagai Ketua adalah bapak M.Manihuruk/Br Ambarita. Pesta Bonataon sebagai wadah silahturahmi sesama anggota yang biasa dilakukan sekali dalam setahun yang diketuai oleh P. Sitanggang. Rowndown acara yang dipersiapkan oleh panitia terjadwal dan pasti sebab selama pandemi gedung serbaguna HKBP Palmarum dipakai hanya sampai jam 17.00 wib. Dalam acara bonataon taon Raja SItempang Kota Batam selalu diawali dengan acara ibadah. Acara ibadah berjalan dengan tertib dan sebagai pengkotbah adalah bapak T. Manihuruk, S.Th dengan khas semangat beliau selalu membawa firman Tuhan.

Sebelum selesai ibadah gedung sudah dipadati keluarga anggota punguan bahkan sampai keluar gedung. Setelah ibadah dilanjutkan dengan acara makan siang disertai dengan lelang. Lelang dengan konsep bahan lelang dari anggota juga dan ditambah beberapa bahan lelang yang disediakan oleh panitia. Panitia menyediakan makanan dengan cukup. Untuk makanan dikoordinir oleh wilayah masing-masing dibagikan oleh boru/bere dari wilayah tersebut pada anggota disesuaikan dengan data.

Penasehat Punguan Raja SItempang Kota Batam

Tiba saatnya dalam acara tortor dimulai dengan acara tortor dari panitia dan dilanjutkan dengan tor-tor Bona kemudian tortor dari boru/bere seperti yang lajim dilakukan setiap punguan/paguyupan marga-marga Batak. Dalam setiap tor-tor selalu ada tor-tor somba, Liat, Olop-Olop dan penutup adalah ungkapan Horas 3 kali. Biasanya semakin ramainya panortor saat olop-olop karena setiap anggota yang terbuka hatinya untuk sumbangsih buat punguan disanalah mereka mangolopi baik mangolopi panitia, bona maupun boru/bere. berjalan dengan baik. Terkhusus dalam tortor boru/bere setelah tortor somba dan liat kemudian diundang hula-hulana (Bona) untuk mendoakan boru/bere dalam bentuk sepatah dua kata dan tortor. Dan bona Raja Sitempang Kota Batam juga melakukan hal demikian supaya boru/bere dapat rahmat/berkat dari Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan keluarganya sehari-hari baik itu hagabeon (Mempunyai anak/boru) maupun hamoraon (Harta). Setelah acara tor diatas juga ada tortor anak-anak, dalam punguan Raja Sitempang Kota Batam setiap pesta bonataon melakukan hal demikian untuk memberikan pelajaran adat dan budaya pada anak sebagai penerus nantinya. Seiring berjalannya acara tortor juga turut acara lelang dan lucky draw.

Penutup setiap tahunnya adalah doa yang saat ini dibawakan oleh J. SItanggang namun sebelumnya punguan Raja Sitempang mengundi hadiah terakhir dari lucky draw. Dalam tahun ini ada hal yang unik seperti yang diungkapkan ketua Raja Sitempang Kota Batam bahwa yang mendapat hadiah utama ada selalu dari tuan rumah dan merupakan berkat untuk tuan rumah dan menyampaikan juga bawa tahun depan semoga tidak ada halangan yang menjadi tuan rumah adalah wilayah Batam Centre. Penulis sebagai anggota wilayah Batam Centre langsung mengaminkan.

Demikian Sekilas catatan saya namun bila ada yang ingin menambahkan dan bertanya tentang tulisan ini silahkan dikomentar dibawah. Lebih kurang isi paparan acara Pesta Bona Taon Raja Sitempang Kota Batam saya mohon maaf.

Share:

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Call