Modul 1.2 Menurut saya, seorang guru itu sebenarnya sudah menghamba kepada anak. Dari dulu seingat saya guru-guru saya mengajari saya dengan sepenuh hati dan keikhlasan yang luar biasa. Bahkan jika dahulu tidak ada unsur kepentingan apapun dalam mengajarkan ilmu kepada kami. Dan dengan pendapatan yang jauh dari kata layak, tetapi dedikasi dan pengabdiannya luar biasa.
Jika boleh saya memberi pendapat, apa yang dilakukan guru-guru zaman dahulu harus kita ambil positifnya tetapi kita tambahkan dengan pembelajaran, pendidikan yang sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman, yaitu di sesuaikan dengan teknologi yang ada. Kita harus lebih baik lagi kedepannya dalam menuntun, membimbing anak-anak murid kita sesuai dengan kebutuhan mereka baik bakat, minat dan kondisinya.
Guru yang mampu menggerakkan ekosistem pendidikan yang baik dan sehat akan melahirkan peserta didik yang berkarakter kuat serta dapat menjawab tantangan zaman. Dan Peserta didik yang didik dengan sepenuh jiwa raga di tuntun tanpa di tuntut akan menjadi peserta didik yang tangguh dalam menjawab tantangan masa depannya. Nanti peserta didik akan mengenang setiap momen pendidikannya dengan baik dan mengejawantahkan dalam kehidupan nyata. Sehingga peserta didik akan tumbuh menjadi manusia dewasa yang merdeka dengan karakter Pancasila.
Nilai-nilai yang harus dimiliki seorang guru penggerak yaitu: Mandiri, Reflektif, Kolaboratif, kreatif dan Inovatif, serta berpihak pada muridPeran dari guru penggerak yaitu bagaimana menjadi Pemimpin pembelajaran, Menggerakkan komunitas praktisi, Menjadi Coach bagi guru yang lain, Mendorong kolaborasi antara guru dan Mewujudkan Kepemimpinan pada murid serta menjadi agen transformasi pendidikan.
Paket Modul 1.2 Pendidikan Guru Penggerak
Seorang guru penggerak harus bersiap mengalami perubahan kearah yang lebih baik dan semoga saya juga bisa menjadi guru yang lebih baik. Dan guru berperan menjadi pemimpin dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran yang berpusat pada murid. Guru penggerak selalu terdorong melakukan perubahan-perubahan mulai dari hal-hal sederhana.
Nilai dari seorang guru penggerak adalah mandiri, reflektif, kolaboratif, inovatif, dan berpihak pada murid. Peran guru penggerak dalam dunia pendidikan yaitu guru harus menjadi pemimpin pembelajaran yang berpusat pada murid, dan harus mampu menggerakan komunitas praktisi, menjadi coach bagi guru lain, mendorong kolaborasi antar guru, dan mewujudkan kepemimpinan murid.
Untuk zaman sekarang seorang guru penggerak harus bersiap mengalami perubahan kearah yang lebih baik. Guru berperan menjadi pemimpin dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran yang berpusat pada murid. Sebagai Guru penggerak selalu terdorong melakukan perubahan-perubahan mulai dari hal-hal sederhana. Guru memimpin perencanaan dan pelksanaan proses pembelajaran yang berpusat pada murid. Serta guru penggerak memiliki sikap mandiri, reflektif, kolaboratif, inovatif, dan berpihak pada murid. Dan dituntut seorang guru penggerak dituntut untuk selalu merefleksikan disetiap akhir pembelajaran agar mengetahui kekuatan dan kelemahannya.
Salam sehat dan penuh semangat. Nilai dari seorang guru penggerak adalah mandiri, reflektif, kolaboratif, inovatif, dan berpihak pada murid. Seorang guru penggerak dituntut untuk mandiri. Artinya guru harus memacu perubahan peningkatan kapabilitas dirinya tanpa harus menunggu dorongan dari pihak lain.