2.1.a.6. Refleksi Terbimbing – Modul 2.1

“Belajar tanpa refleksi adalah sia-sia. Refleksi tanpa belajar itu berbahaya.”     

(Confucius)

Durasi:  2 JP
Moda: Penugasan mandiri (asinkron)

Tujuan Pembelajaran Khusus:  CGP dapat melakukan refleksi dan metakognisi terhadap proses pembelajaran yang telah mereka lalui serta menggunakan pemahaman barunya untuk memperbaiki proses pembelajaran yang diampunya.

Pertanyaan pemantik untuk sesi pembelajaran ini adalah:

  1. Bagaimana saya dapat melakukan praktik pembelajaran berdiferensiasi secara lebih efektif?
  2. Pendekatan manakah yang seharusnya saya ubahsuaikan?
  3. Bagaimana saya tetap dapat bersikap positif walaupun banyak tantangan dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi ini?

Selamat! 

Sejauh ini Anda telah melalui setengah perjalanan Pembelajaran yang dipersyaratkan untuk modul ini. Proses pembelajaran yang akan Anda alami selanjutnya akan sangat bergantung pada bagaimana Anda melakukan refleksi dan membuat perbedaan baik dalam cara pandang maupun tindakan Anda sehari-hari sebagai pendidik di sekolah. Kami yakin, saat ini, walaupun Anda telah mendapatkan banyak pengetahuan baru, semakin banyak tantangan yang Anda hadapi dalam praktiknya. Jangan khawatirkan semua kesulitan tersebut. Mulailah mengimplementasikan pengetahuan Anda selangkah demi selangkah, sedikit demi sedikit. Tidak semua teori dapat Anda langsung terapkan. Anda mungkin perlu berhenti sejenak untuk mengamati semua fakta yang ada di depan Anda dan mengubahsuaikan pendekatan Anda.

Sesi pembelajaran ini juga akan memberikan Anda kesempatan untuk melakukan konsultasi daring asinkron secara khusus. Mengapa secara khusus? Karena Anda akan melakukannya dalam kelompok kecil, sehingga Anda dapat membawa langsung permasalahan dalam konteks nyata yang dihadapi di sekolah Anda, untuk didiskusikan dengan fasilitator.

Perlu diperhatikan bahwa jawaban Anda hanya akan dapat diakses oleh fasilitator Anda, sehingga manfaatkanlah kesempatan ini untuk Anda mendiskusikan hal-hal yang terkait dengan konteks nyata Anda sendiri.

Berikut ini adalah pertanyaan Reflektif yang harus Anda jawab:

  1. Dari apa yang sudah Anda pelajari, materi apa yang menurut Anda dapat menjadi solusi bagi permasalahan yang terkait dengan pembelajaran di kelas Anda?
  2. Apa yang menurut Anda sulit untuk diterapkan? Mengapa menurut Anda hal tersebut sulit diterapkan?
  3. Jika Anda harus menerapkan hal yang sulit tersebut, dukungan Apa yang Anda perlukan? Kemana atau bagaimana Anda akan dapat mengakses dukungan tersebut.

Share:

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Call