1.2. Nilai dan Peran Guru Penggerak

1.2.a.1. Pendahuluan Modul

1.2.a.1. Pendahuluan Modul 1.2

Pengantar

Simaklah Video pengantar modul 1.2 berikut ini.

Surat dari Instruktur

Pendidikan adalah tempat persemaian segala benih-benih kebudayaan yang hidup dalam masyarakat kebangsaan. Dengan maksud agar segala unsur peradaban dan kebudayaan tadi dapat tumbuh dengan sebaik-baiknya.Dan dapat kita teruskan kepada anak cucu kita yang akan datang.

~ Ki Hajar Dewantara

Selamat datang Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak!

Selamat datang dalam Modul “Nilai-nilai dan peran guru penggerak”. Modul ini akan mengeksplorasi mengapa dan bagaimana nilai-nilai dan peran seorang Guru Penggerak mampu menumbuhkan sekolah yang berpihak pada murid. Mengapa demikian? Dunia kini sudah semakin tanpa batas, teknologi telah berhasil menghilangkan jarak. Pertukaran budaya baik yang positif maupun negatif kini menjadi sukar terawasi dan tanpa filter. 

Filter tersebut diharapkan dapat ditumbuhkan sejak dini dalam setiap diri manusia Indonesia agar budayanya tidak tergerus oleh budaya lain yang lebih agresif melakukan penetrasi. Oleh karena itu, sebagai pendidik, kita dituntut untuk berpikir kembali mengenai makna dan tujuan pendidikan kita.

Kita semua mengalami fenomena pandemi COVID-19 sejak permulaan tahun 2020. Secara fisik sekolah dan kelas diadakan dari jauh, namun sebetulnya jika dipikirkan ternyata kelas-kelas ini justru mendekat dan masuk ke rumah-rumah murid kita di masa pandemi ini. Pandemi membukakan mata kita bahwa guru punya peran yang besar dalam proses belajar murid-muridnya, sekaligus menyingkapkan bahwa orangtua pun punya peran yang tak terelakkan dalam pendidikan anak-anaknya di rumah. Hal itu membuat kita kembali percaya bahwa gotong-royong dalam pendidikan adalah hal yang tidak bisa ditawar lagi.

Dari pengalaman tersebut, kita disadarkan kembali bahwa pendidikan adalah suatu hal yang sifatnya individual sekaligus komunal yang tak terpisahkan. Murid di kelas-kelas kita adalah bagian dari sebuah komunitas di rumah, di masyarakat, dan di lingkungan. Memertimbangkan kesalingterhubungan dan kerumitan tersebut, maka sebagai pendidik mau tidak mau kita harus menilik kembali apakah nilai-nilai diri kita telah selaras dengan tuntutan zaman dan alam yang seperti itu.

Dengan maksud itulah maka dalam modul ini kita diajak masuk ke dalam dan menelusuri diri sendiri sebagai manusia sekaligus pendidik, kemudian mengakui bahwa Anda sekalian adalah pribadi-pribadi istimewa yang unik. Modul ini mengajak Anda menikmati proses munculnya pikiran dan emosi sebagai gambaran aspek intrinsik yang perlu dipertimbangkan sebagai satu kesatuan bersama aspek ekstrinsik dalam konteks lingkungan pembelajaran. Anda juga akan mengeksplorasi dan berkolaborasi merencanakan perubahan nyata di lingkungan masing-masing. Diharapkan, setelah mengalami dan berproses sepanjang materi ini, Anda sekalian dapat menemukan jati diri Anda sebagai Guru Penggerak.

Selamat belajar!

Instruktur Modul 1.2.

Capaian Pembelajaran Umum

Secara umum, profil kompetensi yang ingin dicapai dari modul ini adalah Calon Guru Penggerak mampu:

  1. mengartikulasikan nilai-nilai dari Guru Penggerak (GP) dalam upaya mewujudkan Profil Pelajar Pancasila
  2. memahami dan menunjukkan kesediaan untuk mempraktikkan peran dan nilai  GP.

Capaian Pembelajaran Khusus

Setelah menyelesaikan modul ini, peserta diharapkan dapat menjadi guru penggerak yang mampu:

  • Memahami bagaimana nilai diri bisa terbentuk dan merefleksikan pengaruhnya terhadap peran sebagai Guru Penggerak
  • CGP dapat membuat kesimpulan berdasarkan pengalaman dan aksi yang bisa dilakukan untuk menguatkan peran dan nilai Guru Penggerak
  • Membuat rencana perubahan yang akan mendukung penguatan nilai dan peran dirinya sebagai guru penggerak,

Isi Materi Modul

Modul ini akan mengeksplorasi mengapa dan bagaimana nilai-nilai diri dari seorang guru terkait dengan penumbuhan dan pelestarian budaya positif.

Alur Merdeka

Mulai dari diri-1JP

CGP mengisi kuesioner dengan pertanyaan-pertanyaan yang diharapkan dapat mengungkapkan nilai-nilai diri mereka sendiri

Eksplorasi konsep-3JP

  1. Belajar mandiri: CGP mengakses materi Profil Pelajar Pancasila, Peran Guru Penggerak dan Nilai Guru Penggerak.
  2. Forum diskusi tertulis: CGP menjawab pertanyaan di LMS lalu memberikan komentar mengenai hasil jawaban CGP lain.

Ruang Kolaborasi-3JP

  1. CGP dalam kelompok membuat kesimpulan dari hasil diskusi dalam bentuk powerpoint atau poster
  2. CGP mempresentasikan hasil kesimpulan dan karya di pertemuan virtual (tatap maya) dengan fasilitator

Refleksi Terbimbing-1JP

Membuat ilustrasi mengenai gambaran diri di masa depan setelah berefleksi mengenai kondisi dirinya saat ini di bagian Refleksi Terbimbing

Demonstrasi Kontekstual-2JP

Membuat secara mandiri materi komunikasi nilai-nilai yang perlu ditumbuhkan berikut tindakan konkret yang perlu dilestarikan pada diri Guru Penggerak dalam salah satu bentuk berikut: teks puisi yang dibacakan atau syair lagu yang dinyanyikan.

Elaborasi Pemahaman-2JP

  1. Berdiskusi dengan instruktur terkait proses pembentukan nilai dan karakter berdasarkan trapesium usia, diagram gunung es, serta cara kerja otak.
  2. Berdiskusi dengan instruktur mengenai proses bagaimana manusia tergerak, bergerak dan menggerakkan.

Koneksi Antar Materi-1JP

  1. Menyusun rencana perubahan kecil yang perlu dilakukan oleh diri CGP sendiri
  2. Membuat kesimpulan sebagai respon untuk mengaitkan nilai-nilai dan peran Guru Penggerak baik dengan semua materi yang telah dipelajari dalam modul ini maupun materi modul 1.1. Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Aksi Nyata-1JP

Melakukan rancangan perubahan kecil yang telah dibuat pada bagian Koneksi Antar Materi

Share:

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Call