1.2.a.6. Refleksi Terbimbing – Nilai dan Peran Guru Penggerak

Nilai -nilai Guru Penggerak yang Sudah Saya Miliki Sekarang

Nilai mandiri dalam hal ini senantiasa mengembangkan potensi diri tanpa bergantung pada orang lain. Selalu mendorong, memotivasi diri dalam mengubah pola pikir dan mengembangkan diri dengan aktif mengikuti berbagai pelatihan dan webinar, seperti guru belajar, seri AKM, Bimtek Menulis, Bimtek Penelitian, dll. Kesemuanya itu sangat mendukung pengetahuan dan pengaplikasian dalam proses pembelajaran pada murid, dan juga berbagi pada teman sejawat dan pernah menjadi coach bagi guru lain.

Nilai Diri Yang Sudah Ada

Nilai diri saya yang tampak adalah nilai mandiri, reflektif, kolaboratif, inovatif, dan berpihak pada murid.

Rasa Setelah Mengetahui Nilai dan Peran Guru Penggerak

Setelah mengetahui dan memahami nilai guru penggerak saya menyadari begitu banyak kekurangan dan belum optimal menerapkan nilai-nilai tersebut terutama dalam melaksanakan pembelajaran yang berpusat pada murid. Saya banyak mengabaikan perasaan murid ketika pembelajaran berlangsung dan saya hanya focus pada pencapaian hasil belajar.

Nilai -nilai Guru Penggerak yang Sudah Saya Miliki Sekarang

Nilai mandiri dalam hal ini senantiasa mengembangkan potensi diri tanpa bergantung pada orang lain. Selalu mendorong, memotivasi diri dalam mengubah pola pikir dan mengembangkan diri dengan aktif mengikuti berbagai pelatihan dan webinar, seperti guru belajar, seri AKM, Bimtek Menulis, Bimtek Penelitian, TOT Roots (Perundungan), dll. Kesemuanya itu sangat mendukung pengetahuan dan pengaplikasian dalam proses pembelajaran pada murid, dan juga berbagi pada teman sejawat dan pernah menjadi coach bagi guru lain.

Nilai yang Perlu  Perlu Penguatan

Nilai yang perlu saya kuatkan adalah nilai kolaboratif dan berpihak pada murid. Karena selama ini terlalu fokus dengan target pencapaian kurikulum, agar tercapai tepat waktu sesuai program semester. Kolaborasi pun harus saya kuatkan karena selama ini kurang berkolaborai dengan yang lain hanya fokus dengan sesama mata pelajaran itupun tidak selalu dilakukan

Apa saja yang saya rasakan setelah mengetahui peran dari guru penggerak?

Setelah mengetahui peran guru penggerak, saya merasa senang, bersyukur, dan bangga bisa belajar bersama guru-guru hebat. Sangat termotivasi untuk melakukan perubahan, mengajak teman untuk senantiasa menggali potensi diri dalam pengembangkan diri melalui forum ilmiah seperti bimtek, seminar, diklat baik secara mandiri maupun dengan berkolaborasi. Semangat berinovasi meningkat untuk mengeksplorasi diri untuk menggali ide ataupun gagasan demi mewujudkan merdeka belajar.

Apa yang bisa saya lakukan (khusus diri saya) untuk menguatkan peran dn nilai guru penggerak?

Yang saya lakukan untuk menguatkan peran dan nilai guru penggerak,, adalah:

a.    aktif melakukan perubahan dengan giat menambah wawasan dengan cara meningkatkan literasi secara mandiri dan juga   melalui pelatihan serta seminarb.    Membangun ruang kolaborasi dalam menggerakkan komunitas agar termotivasi untuk pengembangan dirinya.

C.    Merefleksi diri untuk berkomitmen yang kuat dalam berinovasi dan berkarya

d.    Mengubah minsed dan berkomitmen untuk maju

Apa yang akan menghambat saya dalam memperkuat Peran dan Nilai Guru Penggerak dalam diri saya?

Pengolahan waktu dalam berbagai peran, fluktuasi emosi masih perlu kontrol diri, dan terlalu banyak pertimbangan mendapat dukungan atau tidak bila mengajukan sesuatu. Namun hal tersebut merupakan tantangan dan peluang bagi saya untuk berkomitmen memperbaiki diri, biarkan semuanya berjalan sesuai alur, biarlah proses dan waktu yang menjawab, berusaha dan focus berbuat dan berlaku baik.

Share:

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Call