1.2.a.4. Eksplorasi Konsep – Nilai dan Peran Guru Penggerak 2

D. NILAI-NILAI GURU PENGGERAK

Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak, di bagian A kita sudah mempelajari mengenai Profil Pelajar Pancasila yang menjadi sasaran utama dari seluruh rangkaian program pelatihan Guru Penggerak. Pada bagian B, kita juga sudah lebih memahami peran dari seorang Guru Penggerak. Pada bagian ini, kita akan mulai mengenali dan memaknai nilai-nilai dari seorang Guru Penggerak. Nilai-nilai ini yang diharapkan bisa muncul dari Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak sekalian. Nilai ini yang nantinya akan mendukung Bapak/Ibu Calon Penggerak dalam melaksanakan peran-peran Guru Penggerak, serta mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.

          Nilai itu sendiri, menurut Rokeach (dalam Hari, Abdul H. 2015), merupakan keyakinan sebagai standar yang mengarahkan perbuatan dan standar pengambilan keputusan terhadap objek atau situasi yang sifatnya sangat spesifik. Kehadiran nilai dalam diri seseorang dapat berfungsi sebagai standar bagi seseorang dalam mengambil posisi khusus dalam suatu masalah, sebagai bahan evaluasi dalam membuat keputusan, bahkan hingga berfungsi sebagai motivasi dalam mengarahkan tingkah laku individu dalam kehidupan sehari-hari. Melihat peranan nilai sangat penting dalam kehidupan tingkah laku sehari-hari, maka rasanya penting bagi seorang Guru Penggerak untuk bisa memahami dan menjiwai nilai-nilai dari seorang Guru Penggerak.

Kelima nilai dari Guru Penggerak adalah: Mandiri, Reflektif, Kolaboratif, Inovatif, serta Berpihak pada Murid.

Nilai ini sendiri berkaitan erat dengan peran yang sudah kita pelajari di bagian sebelumnya. Nilai ini yang diharapkan terus tumbuh dan dilestarikan dalam diri seorang Guru Penggerak. Kelima ini saling mendukung satu dengan lainnya, dan tentunya diharapkan menjadi pedoman berperilaku untuk seorang Guru Penggerak.

Kelima nilai dari Guru Penggerak adalah: Mandiri, Reflektif, Kolaboratif, Inovatif, serta Berpihak pada Murid.

D. 1. Mandiri

Mandiri berarti seorang Guru Penggerak  mampu senantiasa mendorong dirinya sendiri untuk melakukan aksi serta mengambil tanggung jawab atas segala hal yang terjadi pada dirinya. Segala perubahan yang terjadi di sekitar kita maupun pada diri kita, muncul dari diri kita sendiri. Ketika kita hanya menunggu sesuatu untuk terjadi, seringkali hal tersebut tidak pernah terjadi. Karena itu seorang Guru Penggerak diharapkan mampu mendorong dirinya sendiri untuk melakukan perubahan, untuk memulai sesuatu, untuk mengerjakan sesuatu terkait dengan perubahan apa yang diinginkan untuk terjadi.

Guru Penggerak yang mandiri, berarti guru tersebut mampu memunculkan motivasi dalam dirinya sendiri untuk membuat perubahan baik untuk lingkungan sekitarnya ataupun pada dirinya sendiri. Hal ini terutama perlu muncul dalam aspek pengembangan dirinya. Seorang Guru Penggerak termotivasi untuk mengembangkan dirinya tanpa harus menunggu adanya pelatihan yang ditugaskan oleh sekolah ataupun dinas. Guru Penggerak mendorong dirinya untuk meningkatkan kapabilitas dirinya tanpa perlu dorongan dari pihak lain.

Beberapa poin untuk menguatkan nilai Mandiri pada nilai Guru Penggerak adalah sebagai berikut:

  1. Tentukan tujuan perubahan yang ingin dicapai dan dampak dari pencapaian tujuan tersebut. Apabila ada suatu perubahan yang ingin Anda lihat (baik pada diri Anda, maupun hal di sekitar Anda) mulailah dengan tujuannya terlebih dahulu. Setelah Anda tahu tujuannya, lalu susun rutenya dalam bentuk tujuan yang lebih kecil. contoh: Tujuannya, ingin meningkatkan kemampuan penggunaan perhitungan numerikal di microsoft excel, untuk membantu pekerjaan administrasi menjadi lebih mudah. Dari sini susunlah rute cara belajar Anda, sesuai dengan kapabilitas Anda. Contoh rute: dalam seminggu ini, sudah harus bisa perhitungan dengan menggunakan fungsi numerikal tambah dan kurang. Cara belajar dengan menggunakan youtube misalnya. Dengan penggambaran tujuan dan rute yang jelas kita akan semakin tahu apa yang harus kita lakukan dan bagaimana mencapai tujuan tersebut. Hal ini yang akan mendorong kita untuk lebih mandiri. 
  2. Rayakan keberhasilan dalam setiap pencapaian. Pencapaian tujuan tidak mudah, bahkan tujuan yang dirasa kecil sekalipun membutuhkan daya, waktu, dll. Apabila kita sudah mencapai tujuan tertentu, rayakan keberhasilan dengan sesuatu yang kita suka. Dengan begitu kita bisa memotivasi diri kita untuk mencapai tujuan selanjutnya.

Tugas D.1 Mandiri

  1. Berdasarkan pemahaman Anda, apa saja kata kunci dari dari nilai Mandiri? Anda dapat menemukan kata kunci berdasarkan bacaan ataupun kata-kata lainnya yang mempunyai makna sesuai dengan nilai tersebut
  2. Apa contoh perilaku yang bisa dilakukan oleh seorang Guru Penggerak terkait nilai mandiri?
  3. Silakan Anda ceritakan secara singkat pengalaman Anda yang terkait dengan nilai Mandiri ini!

Silahkan tuangkan jawaban Anda pada kolom NOTES yang ada dibagian YOUR NOTES AND QUESTIONS!

Tugas D.1 Mandiri1. Kata kunci dari nilai mandiri adalah senantiasa mengembangkan potensi diri tanpa bergantung pada orang lain untuk membuat perubahan baik untuk lingkungan sekitarnya ataupun pada dirinya sendiri. Selalu mendorong, memotivasi diri dalam mengubah pola pikir dan mengembangkan diri dengan aktif. 2. Adapun contoh perilaku yang bisa dilakukan oleh seorang Guru Penggerak terkait nilai mandiri yaitu belajar memehami suatu hal terkait dengan pembelajaran melalui youtube, mengikuti pelatihan dan webinar yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan, instansi atau kementrian. 3.Pengalaman saya terkait dengan nilai mandiri terutama selama masa pandemi covid19 dimana semua kativitas dibatasi adalah menyiapkan materi pembelajaran dengan mencari berbagai refrensi melalui video pada akun youtube (tutorial / cara membuat video pembelajaran dan presntasi interaktif). Begitu pula terkait dengan pengembangan diri, saya mengikuti berbagai pelatihan dan webinar yang diselengarakan oleh lembaga, instasni atau kementrian.

Mandiri1. Kata kuncinya adalah mau berusaha 2. Contoh perilakunya adalah sesuatu yang kita tidak mengerti kita harus berusaha mencari tau supaya kita mengetahui, baik mealui teman-teman sejawat maupun lewat yuotube dan sebagainya 3. Saat awal pandemi saya bingung bagaimana mengajar para siswa, lewat WA tentu mereka bosan, sehingga saya harus dengan mandiri mencari berbagai metode pembelajaran online yang menarik, dan akhirnya pembelajaran meskipun dilaksanakan secara daring dapat berlangsung cukup maksimal

Tugas D.1 MandiriKata kunci dari nilai mandiri adalah ada kemauan berubah untuk menjadi yang lebih baik. 2. Tidak malu belajar kepada teman sejawat meskipun lebih muda atau kepada teman yang lebih mahir terhadap ilmu yang belum saya kuasai terutama tentang IT. Karena kalau malu bertanya pasti tertelan oleh kodrat zaman. Pengalaman saya terkait dengan nilai mandiri pada saat pandemi yang baru terjadi di mana murid belajar daring adalah saya menggunakan google drive untuk penilaian harian walaupu teman serombel masih menolak hal tersebut dengan alasan percuma saja karena yang menyelesaikan tugasnya pasti orang tuanya. Tapi saya tetap jalan karena yang saya yakini orangtua pasti punya nilai luhur yang baik yang ingin anaknya juga mandiri dalam menyelesaikan tugas-tugasnya.

Tugas D.1 MandiriKata Kunci dari nilai mandiri adalah tanggung jawab yang muncul dari diri untuk melakukan perubahan terhadap diri sendiri dan lingkungan sekitar. contoh yang perilaku mandiri yang dapat dilakukan oleh guru penggerak yaitu pada saat pandemi covid 19 yang tanpa perencenaan proses belajar mengajar di sekolah di liburkan pada Maret 2020 sehingga proses belajar mengajar di laksanakan secara daring sementara semua aktifitas di batasi sementara guru di tuntut untuk menyiapkan bahan pembelajaran secara daring, situasi ini mengharuskan guru belajar dan mengembangkan diri secara mandiri baik melalui webinar, ataupun belajar tutorial dari youtube tentang tata cara membuat bahan pembelajaran daring yang bervariasi dan menarik agar anak didik bisa belajar dengan baik.

Tugas D.1 MandiriKata kunci dari nilai mandiri adalah selalu muncul dorongan dari dalam dirinya untuk mengembangkan potensi sehingga dapat merubah diri dan lingkungannya. 2. Contoh perilaku yang bisa dilakukan oleh seorang guru penggerak terkait nilai mandiri adalah aktif mengikuti kegiatan pelatihan dan bimtek baik gratis maupun berbayar guna pengembangan diri. 3. Pengalaman saya terkait nilai mandiri adalah saya selalu berusaha mencari informasi adanya pelatihan, mulai tahun 2019 saya bergabung dengan IGI yang saat itu sudah menggunakan pelatihan/workshop Online. Berbagai kegiatan saya ikuti hingga beberapa kanal saya masuk sebagi Coachnya (share and growing together). Kemudian pelatihan dan workshop dari Guru Belajar dan Berbagi saya aktif mengikutinya.

Tugas D.1 Mandiri1. Kata kunci dari Nilai Mandiri adalah mampu memunculkan motivasi dan mendorong diri sendiri untuk meningkatakan kapabilitas diri sendiri dengan aktif tanpa perlu dorongan dari pihak lain. 2. Contoh prilaku yang bisa dilakukan oleh guru penggerak terkait dengan nilai mandiri adalah belajar dengan inisiatif dari diri sendiri mencari tau informasi mengenai pelatihan dan webinar yang diadakan oleh lembaga pendidikan dan kementrian serta mengikuti pelatihannya, dan juga belajar mengenai pembelajaran melalui youtube. 3. Pengalaman singkat saya terkait dengan Nilai Mandiri adalah Selama proses pembelajaran daring saya belajar mandiri melalui youtube mengenai berbagai hal yang menyangkut pembelajaran daring seperti membuat video dan saya juga mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan dan kementrian.

Tugas D.1 Mandiri1) Kata kunci dari nilai Mandiri: memiliki motivasi intrinsik (dalam diri) untuk melakukan perubahan positif, inisiatif meningkatkan potensi diri tanpa menunggu instruksi atasan atau ikut-ikutan rekan, ulet, dan tekun. 2) Secara aktif sering mengikuti pelatihan-pelatihan ataupun webinar yang diselenggarakan oleh Dinas terkait atau kemdekbud yang bertujuan meningkatkan kapabiltas diri. Mempelajari hal-hal yang bisa meningkatkan potensi diri melalui chanel Youtube. 3) Mempelajari hal baru merupakan salah satu kesukaan saya. Sekitar 3 tahun yang lalu saya belajar Cara Instalasi Windows di Youtube. Saya belajar dengan sungguh-sungguh agar bisa Instal laptop sendiri jika terjadi kerusakan atau masalah-masalah lainnya. Alhamdulillah lebih kurang selama 2 minggu saya rutin belajar di Youtube, sedikit-sedikit saya sudah mulai paham. Kemudian, saya mencoba mempraktekan install Windows di laptod saya sendiri, dan berhasil. Saya sangat senang sebab ilmu yang saya dapat bisa bermanfaat untuk diri saya sendiri serta orang lain.

Pardomuan Sitanggang noted on Tugas D.1 MandiriKata kunci dari dari nilai Mandiri adalah adanya Motivasi, Inisiatif diri untuk berkembang secara tanggung jawab. Contoh Perilaku guru Penggerak terkait nilai mandiri adalah mengembang kompetensi guru sesuai dengan kodrat alam dan zaman tidaklah harus diperintahkan oleh kepala sekolah. Pengalaman saya terkait nilai mandiri adalah untuk mengembangkan diri saya dalam menggapai kompetensi guru secara maksimal baik Kompetensi pedagogik, Kompetensi kepribadian, Kompetensi profesional, maupun Kompetensi sosial saya usahakan sendiri tanpa perintah kepala sekolah kecuali pelatihan yang dihunjuk langsung secara kedinasan seperti pelatihan wakil kesiswaan maupun wujud mewakili dari sekolah. Tetapi setiap kegiatan saya 100% selalu didukung oleh kepala sekolah baik sebagai peserta maupun narasumber untuk meningkatkan kompetensi saya sebagai guru.

Tugas D.1 MandiriKata kuncinya yakni memotivasi diri untuk berkembang contoh perilakunya berupa adanya keinginan dan semangat untuk selalu belajar dan belajar mengembangkan diri sebagai guru. pengalaman saya sendiri saya sangat memiliki nilai mandiri ini karena saya sangat memotivasi diri saya untuk terus berkembang mengikuti perkembangan zaman, saya harus belajar bagaimanapun caranya agar saya dapat mengembangkan diri saya mengikuti tren zaman sehingga saya mampu menghasilkan pendidikan yang sesuai dengan kodrat zaman

Tugas D.1 MandiriMenurut saya Mandiri adalah profesionalisme. seorang guru yang bersikap Mandiri akan membuatnya menjadi seorang guru yang profesional. Seorang guru penggerak terus berinovasi melakukan perubahan mulai dari dirinya sendiri seperti contoh terus mencari informasi untuk meningkatkan kompetensinya yang bisa memudahkan didalam kegiatan proses belajar mengajar yang dipadukan dengan kreativitasnya sendiri yang dikembangkan sehingga menciptakan proses pengajaran yang berkualitas dan mengikuti perkembangan zaman. Pengalaman saya ketika saya melihat hal yang baru yang belum saya ketahui maka Saya berusaha untuk mencari tahu dan membuat aksi nyata dengan mempraktekkan hal yang baru tersebut salah satu contohnya adalah membuat media pembelajaran interaktif. Saya sangat penasaran dan pengen tahu gimana cara membuatnya, Alhamdulillah sampai pada saat sekarang ini saya telah mempelajarinya dan saya mampu membuat media pembelajaran interaktif tersebut.

Tugas D.1 Mandiri1. menurut pemahaman saya, kata kunci dari nilai mandiri adalah inisiatif dan konsisten. berusaha mencari ilmu dan pengalaman baru yang bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain. kemudian selalu menerapkan apa yang sudah kita dapatkan kepada orang lain dan sekitar. 2. contoh perilaku yang bisa dilakukan guru penggerak terkait nilai mandiri yaitu mencari dan mengikuti informasi serta kegiatan-kegiatan yang menunjang profesi seperti mengikuti seri guru belajar, webinar pendidikan, pelatihan media pembelajaran dll. 3. pengalaman terkait nilai mandiri ada pada awal pandemi tahun lalu, perubahan pola dan sistem mengajar, membuat saya harus mencari referensi untuk menerapkan pembelajaran dengan cara yang baru. saya mengikuti seri guru belajar masa pandemi, pelatihan aplikasi pembelajaran daring, mencari informasi penggunaan fitur-fitur akun belajar.id, pembuatan media belajar interaktif dll untuk dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan dapat dinikmati oleh seluruh murid saya dengan maksimal.

Tugas D.1 Mandiri1. kata kunci dari nilai mandiri : mampu mendorong dirinya sendiri untuk melakukan perubahan, mampu memunculkan motivasi dari dalam dirinya sendiri untuk melakukan perubahan. 2. mengikuti webinar, workshop, program-program yang ada di SIM PKB tanpa ada paksaan dengan niat untuk meningkatkan kompetensi diri. 3. pada saat pandemi, pembelajaran dilakukan secara daring. saya mencoba beberapa platform digital LMS seperti google meet, form, zoom, quizizz agar pembelajaran tetap berlangsung. saya memotivasi diri sendiri semua yang dilakukan selalu ada manfaatnya yang akan dinikmati dimasa depan.

Tugas D.1 Mandiri1. Mandiri, berarti guru tersebut mampu memunculkan motivasi dalam dirinya sendiri untuk membuat perubahan baik untuk lingkungan sekitarnya ataupun pada dirinya sendiri. 2. Contoh perilaku yang bisa dilakukan oleh seorang guru penggerak terkait nilai mandiri adalah belajar memehami suatu hal terkait dengan pembelajaran melalui youtube, teman sejawat atau informasi-informasi lain dari manapun. 3. Pengalaman yang terkait dengan nilai mandiri adalah mengajar yang dilakukan secara daring pada masa pandemi yang mana menggunakan wa, tentu hal tersebut tidak maksimal jadi saya mendapat info dan pelajaran baru menggunakan fitur-fitur lain yang bisa digunakan agar proses pembelajaran dapat berjalan lebih baik dan maksimal. Selain itu juga saya sering mengikuti webinar atau pelatihan untuk menambah ilmu.

Tugas D.1 Mandiri1. Kata kunci dari nilai mandiri ialah kemauan dan usaha 2. Contoh prilaku yang pernah saya lakukan dari nilai mandiri belajar sesuatu hal yang belum saya pahami dengan secara mandiri melalui youtube 3.

Tugas D.1 Mandiri1. Kata kunci dari mandiri yaitu mau berubah ke arah yang lebih baik dan berusaha. 2. Contoh perilaku yang bisa dilakukan oleh seorang guru penggerak terkait nilai mandiri yaitu mencari informasi dan belajar apa yang belum kita ketahui untuk pembelajaran anak, melalui teman sejawat atau melalui youtube. 3. Pengalaman saya terkait dengan nilai mandiri terutama pada masa covid ini, karena pembelajaran dilakukan secara daring, sehingga aktivitas guru bertemu dengan peserta didik menjadi terbatas, sementara pembelajaran terus berlanjut. Untuk mengatasi hal tersebut, sebagai seorang guru saya harus belajar dan mencari informasi berbagai pembelajaran melalui youtube dan mengikuti pelatihan-pelatihan untuk pembelajaran pada masa daring.

Tugas D.1 Mandiri1. Kata kunci dari nilai mandiri melakukan perubahan, untuk memulai sesuatu, untuk mengerjakan sesuatu terkait dengan perubahan apa yang diinginkan untuk terjadi. 2, Terus memulai pengembangan diri, jangan ditunda-tunda, kemudian segera tergerak, dan akhirnya melakukan perubahan mulai dari diri sendiri bisa memalui belajar otodidak, mengikuti kegiatan pelatihan daring atau pun luring, terus mencari ilmu melalui progarm-program kemdikbudristek, juga dinas pendidikan dan MGMP. 3. Saya terbiasa memnyusun rencana dan modul pembelajaran sendiri, juga media dam metode yang menarik bagi anak didik saya. Sebab, yang mengetahui karakterstik siswa adalah saya sendiri.

Tugas D.1 MandiriMandiri : Mempunyai tujuan yang jelas dalam melakukan perubahan dan motivasi diri yang tinggi Contoh perilaku : selalu belajar untuk sebuah perubahan dalam meningkat pembelajaran sesuai dengan perkembangan zaman Pengalaman pribadi : selama masa pendemi proses pembelajaran dilakukan secara daring menggunakan teknologi sebagai media pembelajaran. Saya berusahan mengupdate pengetahuan dan keterampilan IT dengan cara belajar melihat tutorial menggunakan Google Classroom, Google Form dan juga mengikuti pelatihan – pelatihan online yang diselenggarakan oleh organisasi guru seperti PGRI dan pelatihan Akun pembelajaran oleh Google Master Trainer

Tugas D.1 MandiriKata kunci dari nilai mandiri adalah usaha dan harapan. Karena dengan berusaha mewujudkan harapannya, seoaramg CGp akan mulai menemukan jati dirinya menjadi guru mandiri. 2. Contoh prilaku yang bisa dilakukan oleh seorang CGP adalah membangun harapannya dan mengatur strategi yang tepat dalam mewujudkan harapannya. 3. Menyangkut nilai mandiri CGP yang pernah saya lakukan, saya sudah menerapkan menulis indah dikelas dimana saya sendiri yang menuliskan dan melatih diri saya dalam menulis tegak bersambung, lalu menuntun anak-anak dalam menulis indah. Juga saya menerapkan penilaian harian anak secara geogle form dan mempelajarinya secara mandiri serta mengajarkannya ke rekan guru lainnya guna memudahkan penilaian harian daring selama pembelajaran daring dirumah.

Tugas D.1 Mandiriata kunci dari nilai mandiri adalah Prakarsa, Motivasi, Inisiatif, Resilien, Pemahaman Diri, Menetapkan Tujuan, dan Reflektif. Contoh perilaku yang bisa dilakukan oleh seorang Guru Penggerak terkait nilai mandiri adalah mengembangkan diri untuk meningkatkan penguasaan teknologi pembelajaran tanpa menunggu penugasan dari kepala sekolah. Misalnya mengikuti pelatihan membuat video pembelajaran, animasi, blog, dan kuis, maupun mempelajari tutorial dari web atau youtube secara mandiri. Ketika siswa mengikuti Praktik Kerja Lapangan ⟮PKL⟯ selama 6 bulan, siswa tetap belajar secara mandiri menggunakan modul cetak yang dibagikan guru. Pada Tahun 2017/2018, saya berinisiatif menggunakan pembelajaran jarak jauh google classroom ⟮GC⟯ ketika siswa mengikuti PKL. Penggunaan GC ini memudahkan siswa mengakses materi, mengerjakan tugas, diskusi, dan mengerjakan kuis di manapun dan kapanpun melalui HP mereka, tanpa perlu membawa modul cetak.

D. 2. Reflektif

Reflektif berarti seorang Guru Penggerak mampu senantiasa merefleksikan dan memaknai pengalaman yang terjadi di sekelilingnya, baik yang terjadi pada diri sendiri serta pihak lain. Proses perwujudan Profil Pelajar Pancasila, juga perjalanan menjadi Guru Penggerak pastinya akan penuh dengan pengalaman-pengalaman yang bervariasi. Pengalaman-pengalaman ini bisa menimbulkan kesan positif maupun negatif. Dengan mengamalkan nilai reflektif, Guru Penggerak diajak untuk mengevaluasi kembali pengalaman-pengalaman tersebut, hingga bisa menjadi pembelajaran dan panduan untuk menjalankan perannya di masa mendatang. 

Guru Penggerak yang memiliki nilai reflektif mau membuka diri terhadap pengalaman yang baru dilaluinya, lalu melakukan evaluasi terhadap apa saja hal yang sudah baik, serta apa yang perlu dikembangkan. Apa yang dievaluasi tentu saja beragam, bisa terhadap kekuatan dan keterbatasan diri sendiri, pendapat yang dimiliki oleh diri sendiri, proses, dll. Guru Penggerak yang reflektif tidak hanya berhenti sampai berefleksi namun juga sampai melakukan aksi perbaikan yang bisa dilakukan. Mereka juga senantiasa terbuka untuk meminta dan menerima umpan balik dari orang-orang di sekelilingnya.

Model Refleksi 4P

Ada banyak model dalam melakukan refleksi, beberapa di antaranya adalah:

  • Model refleksi 4P merupakan model pertanyaan yang bisa kita gunakan untuk memaknai pengalaman yang sudah pernah kita rasakan sebelumnya.  Keempat langkah ini merupakan terjemahan dari 4F yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway, yaitu:
  1. Peristiwa (Facts): paparan obyektif berdasarkan pengalaman nyata atas apa yang sejauh ini telah dialami. Contoh pertanyaan: apa kendala yang saya hadapi? apa hal baik yang saya alami dalam proses tersebut? apa yang saya lakukan dalam mengatasi kendala tersebut? apakah tindakan tersebut berhasil?
  2. Perasaan (Feelings): apa yang dirasakan kini setelah mengikuti proses tersebut. Contoh pertanyaan: Apa yang saya rasakan ketika menghadapi kendala tersebut? ketika saya mencoba mengatasi kendala tersebut bagaimana perasaan saya? 
  3. Pembelajaran (Findings): apa hal paling konkrit yang dapat diambil sebagai pembelajaran dan mungkin telah membawa makna baru. Contoh pertanyaan: apa yang saya pelajari dari proses ini? apa hal baru yang saya ketahui mengenai diri saya setelah proses ini?
  4. Penerapan ke depan (Future): apa hal yang dapat segera diterapkan baik sebagai individu. Contoh pertanyaan: apa yang bisa saya lakukan ke depannya dari pembelajaran di proses ini? pada aspek apa?

 Model Refleksi 5M

  • Model refleksi 5M, yang diadaptasi dari model 5R (Bain, dkk, 2002, dalam Ryan & Ryan, 2013). 5M terdiri dari langkah-langkah berikut:
  1. Mendeskripsikan (Reporting): menceritakan ulang peristiwa yang terjadi
  2. Merespon (Responding): menjabarkan tanggapan yang diberikan dalam menghadapi peristiwa yang diceritakan, misalnya melalui pemberian opini, pertanyaan, ataupun tindakan yang diambil saat peristiwa berlangsung.
  3. Mengaitkan (Relating): menghubungkan kaitan antara peristiwa dengan pengetahuan, keterampilan, keyakinan atau informasi lain yang dimiliki.
  4. Menganalisis (Reasoning): menganalisis dengan detail mengapa peristiwa tersebut dapat terjadi, lalu  mengambil beberapa perspektif lain, misalnya dari teori atau kejadian lain yang serupa, untuk mendukung analisis tersebut.
  5. Merancang ulang (Reconstructing): menuliskan rencana alternatif jika menghadapi kejadian serupa di masa mendatang.

Tugas D.2 Reflektif

  1. Berdasarkan pemahaman Anda, apa saja kata kunci dari dari nilai Reflektif? Anda dapat menemukan kata kunci berdasarkan bacaan ataupun kata-kata lainnya yang mempunyai makna sesuai dengan nilai tersebut
  2. Apa contoh perilaku yang bisa dilakukan oleh seorang Guru Penggerak terkait nilai Reflektif?
  3. Silahkan Anda ceritakan secara singkat pengalaman Anda yang terkait dengan nilai Reflektif ini!

Silahkan tuangkan jawaban Anda pada kolom NOTES yang ada dibagian YOUR NOTES AND QUESTIONS!

1. Kata kunci dari nilai reflektif adalah guru senantiasa menyadari diri sendiri, introfeksi diri terhadap perubahan dengan selalu membuka diri, jujur akan kekurangan, intropeksi diri terhadap tindakan yg telah dilakukan sebagai evaluasi untuk perbaikan tindakan selanjutnya. 2. Contoh perilaku yg bisa dilakukan oleh seorang Guru Penggerak terkait nilai reflektif yaitu mau membuka diri terhadap pengalaman yg baru, melakukan evaluasi terhadap apa saja hal yg sudah baik, serta apa yg perlu dikembangkan. Apa yg dievaluasi bisa terhadap kekuatan dan keterbatasan diri sendiri, pendapat diri sendiri, proses, dll. 3.Pengalaman saya terkait dengan nilai reflektif sebagai guru saya setiap saat meminta refleksi dari murid sebagai evaluasi diri, hal ini untuk mengetahui sejauh mana batas tindakan dan perlakuan yg diinginkan oleh murid dalam pembelajaran. Selain itusaya mengupayakan kegiatan yg menghasilkan tindakan perbaikan kelas sebagai bahan evaluasi diri untuk perbaikan tindakan & perlakuan pembelajaran selanjutnya.

1. Kata kunci dari nilai reflektif adalah gigih, mau berusaha dan membuka diri untuk perubahan yang lebih baik 2. Contoh perilaku yang bisa dilakukan oleh seorang guru penggerak terkait nilai reflektif adalah mau belajar dan tak menyerah meski menemukan berbagai tantangan saat mengajar di era modern ditambah pandemi namun tetap berusaha membuka diri untuk melakukan berbagai bagai perubahan dengan banyak belajar, belajar dan belajar, dan menyadari bahwa masih banyak hal yang belum kita ketahui yang harus kita pelajari dari lingkungan sekitar kita 3. Pengalaman saya terkait nilai reflektif adalah selama pembelajaran daring saya menyampaikan vidio pembelajaran lewat chanel youtube saya, ketika saya mempersiapkan vidio dengan matang, para siswa menyukainya dan mereka bersemangat belajar saat saya memberi penugasan, mereka mengerjakan dengan baik, dan ketika vidio hari ini tidak baik mereka tidak bersemangat belajar dan hasil pekerjaan mereka juga kurang memuaskan

1. berdasarkan pemahaman saya, Kata kunci dari nilai reflektif adalah evaluasi dan introspeksi dengan mempelajari hal-hal baru, terbuka menerima kritik maupun saran dan memperbaiki kekurangan/kesalahan untuk kedepannya. 2. Perilaku yg bisa dilakukan oleh seorang Guru Penggerak terkait nilai reflektif yaitu menerima segala perubahan yang ada, bersikap fleksibel dan memperbaiki diri dari kekurangan yang dimiliki agar lebih bermanfaat kedepannya. 3. Pengalaman terkait dengan nilai reflektif sebagai guru adalah saya selalu mengingat dan membuat catatan ringkas tentang kesalahan dan kekurangan saya terutama dalam proses pembelajaran dan tindakan yang telah saya lakukan. seperti : apakah cara mengajar saya sudah tepat dan dimengerti oleh murid atau kenapa murid tidak begitu antusias pada hari ini, dsb. kemudian secara lisan ataupun tulisan, saya meminta tanggapan kritik ataupun saran dari murid di kelas untuk evaluasi dan introspeksi bagi saya kedepannya.

1. Kata kunci dari reflektif adalah intropeksi, evaluasi dan perubahan 2. Perilaku yang bisa di lakukan oleh seorang guru penggerak terkait nilai reflektif adalah saat mengalami kejadian yang kurang menyenangkan dari siswa di kelas akan menjadi beban pikiran dan mengevaluasi diri serta mencari solusi agar kejadian serupa tidak terjadi lagi kedepan. 3. Pengalaman mengajar di SD kelas satu salah seorang anak belum bisa menulis, setiap diberi tugas untuk menulis kelihatan anak tersebut tertekan dan ketakutan bahkan menangis, kejadian ini menimbulkan pertanyaan mungkin cara saya yang kurang tepat memperlakukan anak tersebut, saya mencari cara untuk mengatasi masalah tersebut dengan bertukar pikiran dengan teman sejawat, berkomunikasi dengan orang tua dan melakukan pendekatan kepada anak tersebut agar bisa belajar dengan nyaman tanpa ada rasa tertekan dan takut.

1. Kata Kunci dari Nilai Reflektif dalah guru senantiasa mampu menyadari diri sendiri dan selalu introfeksi diri sendiri terhadap tindakan yang telah dilakukan sebagai evaluasi untuk perbaikan tindakan selanjutnya. 2. Yang dapat dilakukan guru penggerak terkait nilai Reflektif adalah dengan cara selalu terbuka dan mau berbagi pengalaman dengan guru lain dan juga selalu minta penilaian pada teman tentang sikap dan tingkah laku yang kurang baik dari diri sendiri untuk perbaikan kedepannya agar bisa menjadi yang lebih baik lagi. 3. Pengalaman saya terkait dengan Nilai Refleksi diri ini adalah saya selalu menanyakan pada siswa saya tentang bagaimana cara saya mengajar untuk refleksi diri saya selama mengajar dikelas setelah selesai pembelajaran agar siswa merasa nyaman dan merdeka belajar ketika mengikuti proses pembelajaran.dengan saya.

1. Kata kunci dari nilai reflektif adalah selalu intropeksi diri dan memaknai pengalaman sendiri maupun orang lain sebagai bahan evaluasi untuk perbaikan kedepannya. 2. Contoh perilaku yang bisa dilakukan oleh seorang Guru Penggerak terkait nilai reflektif adalah membuka diri dengan pengalaman baru kemudian mengevaluasi kelemahan dan kelebihannya, meminta masukan dari orang lain serta menentukan apa yang perlu dikembangkan sampai melakukan aksi perbaikannya. 3. Pengalaman saya terkait dengan nilai reflektif adalah ketika dalam pembelajaran saya menanyakan proses pembelajaran yang baru saja dilakukan, bagaimana perasaannya dan seperti apa pembelajaran yang diinginkan kedepannya. Supaya pembelajaran semakin baik.

1) Kata kunci reflektif: Senantiasa melakukan introspeksi jika ada suatu masalah (hasil tidak sesuai dengan harapan), terbuka akan saran dan masukan orang lain. 2) Memberikan angket kepada peserta didik setelah proses pembelajaran. Angket ini berisi pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan kelebihan dan kekurangan proses pembelajaran yang dialami oleh peserta didik. Kegiatan reflektif ini saya lakukan untuk perbaikan proses pembelajaran berikutnya. 3) Kejadian ini terjadi pada tahun 2018 ketika saya disupervisi oleh kepala sekolah dalam proses pembelajaran. Sedikit kaku dan tidak melakukan penilaian proses adalah dua feedback yang diberikan kepala sekolah kepada saya. Saya sangat menerima feedback tersebut karena untuk perbaikan kompetensi saya ke depannya. Maka dari itu, ketika proses pembelajaran saya seringkali melakukan story telling dan iced breaking di awal dan sela-sela proses pembelajaran. Selain itu, saya juga tidak lupa melakan penilaian proses selama pembelajaran berlangsung.

1.Berdasarkan pemahaman Anda, apa saja kata kunci dari dari nilai Reflektif? Anda dapat menemukan kata kunci berdasarkan bacaan ataupun kata-kata lainnya yang mempunyai makna sesuai dengan nilai tersebut Menurut saya kata kunci dari nilai reflektif adalah merenungkan dan menyadari kekurangan diri sendiri, terbuka dan jujur akan kekurangan diri sendiri serta bertekad memperbaiki diri. 2. Apa contoh perilaku yang bisa dilakukan oleh seorang Guru Penggerak terkait nilai Reflektif? Kemauan untuk berubah dan membuka diri untuk hal-hal yang baru seperti penggunaan IT. 3.Silahkan Anda ceritakan secara singkat pengalaman Anda yang terkait dengan nilai Reflektif ini! Pengalaman saya terkait dengan nilai reflektif aadalah sebagai guru saya dapat melihat tingkah anak murid saya yang bosan dengan metode yang saya gunakan kurang bervariasi. Sehingga menurunkan semangat belajar anak murid saya.

Pardomuan Sitanggang noted on Tugas D.2 Reflektif1. Kata Kunci Nilai Reflektif adalah Perubahan dan manfaat 2. Contoh yang bisa dilakukan guru penggerak terkait nilai Reflektif adalah guru penggerak pelayanan prima terhadap siswa yang dulunya adalah sebagai guru yang otoriter tidak mau memahami kodrat alam maupun zaman siswa dan dapat saya rasakan siswa lebih ceria dalam mengikuti pembelajaran dari kita. 3. Pengalaman saya sendiri terkait nilai reflektif ini dalam aksi nyata siswa semakin berani dalam mengeluarkan pendapatnya dan seakan-akan seperti bebas tapi tetap dalam aturan yang dulunya saya jika masuk dalam kelas seperti keheningan tengah malam di desa dan saya berbipikir bahwa saat seperti itulah penanaman konsep bisa secara konsentrasi diterima. Tapi setelah mendalami materi beberapa hari ini saya seperti terbangun dalam tidur bahwa siswa saya memiliki masing-masing keunikan seyogianya dapat mereka cerminkan masing-masing dalam komunikasi dengan saya.

1. kata kuncinya menurut saya adalah evaluasi diri dan umpan balik atau perbaikannya 2. diakhir pembelajaran bersama peserta didik melakukan refleksi baik terhadap proses belajar maupun terhadap sikap, perilaku dan keteladan dari kita pada saat mengajar tersebut, ini berguna sebagai bahan evaluasi kompetensi kita sebagai guru. 3. pengalaman saya biasanya saya akan melihat reaksi anak didik saya ketika mengikuti pembelajaran saya atau bahkan ketika melihat hasil nilai ulangan anak didik saya, saya akan mengevaluasi diri saya dan kemampuan mengajar saya untuk melihat dimana letak kelemahan saya sehingga misalnya terlihat raut wajah anak didik saya menunjukkan reaksi yang datar atau bahkan murung seperti membosankan atau misalnya nilai ulangan mereka yang rendah dan saya akan melakukan perbaikan dari diri saya. Sebelum konsep merdeka belajar saya dapatkan saya cenderung mengabaikan kegiatan reflektif ini dan cenderung menyalahkan anak didik yang mendapatkan nilai ulangan di bawah KKM, sekarang tidak lagi

Kata kunci dari nilai reflektif adalah responsif dan peduli, dengan kita merespon kejadian yang terjadi sehingga kita peduli dan mengevaluasi apa yang telah terjadi. Contoh perilaku seorang guru penggerak terkait nilai reflektif adalah seorang guru penggerak mampu merubah suatu keadaan mungkin gagal atau kurang maksimal menjadi lebih baik lagi sesuai dengan capaian target yang telah ditentukan dengan cara mengevaluasi segala yang terjadi mulai dari hal yang kecil sampai hal yang besar dan merancang segala rumusan-rumusan Tujuan yang akan dicapai. Pengalaman secara singkat reflektif khususnya di sekolah saya adalah pada saat kegiatan di luar sekolah dalam hal ini kegiatan lomba cerdas cermat tingkat kota Batam dimana awal kita mengikuti kita gagal untuk menjadi pemenang, dari pengalaman itu kita responsif melakukan evaluasi perbaikan membuat capaian target sehingga setelah kegiatan ini kita buat semuanya Alhamdulillah kegiatan cerdas cermat berikutnya kita lah sebagai pemenangnya.

1. kata kunci reflektif : mau membuka diri terhadap pengalaman yang baru dilaluinya, lalu melakukan evaluasi terhadap apa saja hal yang sudah baik, serta apa yang perlu dikembangkan. 2. melakukan refleksi disetiap akhir pembelajaran dan melaksanakan aksi perbaikan serta menerima umpan balik dari orang sekelilingnya. 3. pada awal-awal pembelajaran daring, saya selalu menggunakan google classroom. saya upload materi dan tugas melalui classroom. setelah sebulan berlangsung saya mencoba untuk mengkaji ulang/merefleksi. ternyata kurang efektif, akhirnya saya mencoba untuk memvariasikan dengan menggunakan goggle meet dan quizizz. akhirnya anak-anak mulai timbul semangat dalam belajar.

1. Kata kunci reflektif adalah senantiasa menyadari diri, introfeksi diri terhadap perubahan melalui praktik baik  dengan selalu membuka diri, jujur terhadap kekurangan, intropeksi diri terhadap tindakan yang telah saya lakukan sebagai evaluasi untuk perbaikan tindakan selanjutnya. 2. Contoh perilaku yang bisa dilakukan oleh seorang guru penggerak terkait nilai reflektif adalah mau belajar dan tak menyerah meski menemukan berbagai tantangan saat mengajar di era modern ditambah pandemi namun tetap berusaha membuka diri untuk melakukan berbagai bagai perubahan dengan banyak belajar dan menyadari bahwa masih banyak hal yang belum kita ketahui yang harus kita pelajari dari lingkungan sekitar. 3. Pengalaman terkait nilai Reflektif adalah pengalaman mengajar selama masa pandemi yaitu pembelaajran yang dilakukan secara daring yang mana jika saya menampilkan dengan vidio, siswa menjadi lebih bersemangat dan memahami pelajaran. dan saya juga masih merasa sangat kurang pengetahuan dalam pembuatan vidio pembelajaran.

1. berdasarkan pemahaman saya, Kata kunci dari nilai reflektif adalah evaluasi dan introspeksi dengan mempelajari hal-hal baru, terbuka menerima kritik maupun saran dan memperbaiki kekurangan/kesalahan untuk kedepannya 2. Di akhir pembelajaran guru dan peserta didik mengadakan refleksi tentang pembelajaran yang dilalui 3. Dengan diadakan refleksi dalam aksi nyata siswa semakin berani dalam mengeluarkan pendapatnya dan seakan-akan seperti bebas tapi tetap dalam aturan

menurut saya, kata kunci dari reflektif adalah jujur dan terbuka. mengakui setiap kelemahan dan kekurangan dan terbuka untuk menerima perubahan baik dan positif dalam diri untuk memberikan manfaat yang baik bagi diri sendiri dan lingkungan sekitar. 2. Perilaku yang bisa dilakukan terkait nilai reflektif, selalu menjalin komunikasi yang baik dengan banyak orang, sehingga nantinya kita mengetahui sejauh mana kita bisa merefleksi diri kita sendiri. 3. pengalaman terkait nilai reflektif, sebagai seorang guru, setiap berkala saya selalu menjadikan diri sendiri sebagai subjek dari murid dan rekan-rekan guru disekolah, meminta murid dan rekan untuk memberikan kritik, saran dan masukan secara tertulis ataupun lisan. sehingga saya mendapatkan point-point yang akan saya refleksi untuk perbaikan kedepannya.

1. Kata kunci dari reflektif adalah mengambil pelajaran serta pengalaman baru yang telah didapat kemudian dikembangkan juga membuka diri. 2. Membuka diri terhadap sesuatu yang baru terus mengembangkan diri dari pengalaman dan pembelajaran baru yang telah didapat, kemudian mengevaluasi diri terhadapat hal yang telah didapatkan tersebut. 3. Melakukan refleksi setiap pembelajaran selesai dalam kelas, merefeksi diri terhadap kegiatan dan tugas yang diamanahkan agar berkembang ke depannya.

1. Kata kunci dari nilai reflektif adalah guru senantiasa membuka diri dan perbaikan. 2. Contoh perilaku yang bisa dilakukan oleh seorang Guru Penggerak terkait nilai reflektif yaitu membuka diri terhadap pengalaman yang baru dilaluinya dan menerima umpan balik dari orang-orang sekitarnya, serta melakukan perbaikan terhadap hal-hal yang perlu dikembangkan. Proses reflektif ini harus terus berjalan dalam merefleksikan pengetahuan dan pengalaman dalam konteks tindakan berkelanjutan. Contoh perilaku reflektif dalam kegiatan pembelajaran yaitu mau berubah ke arah yang lebih baik, senang menerima saran/kritik dari guru yang lain, pimpinan dan peserta didik. 3. Pengalaman saya yang terkait nilai reflektif ini yaitu memperbaiki metode pembelajaran, agar pembelajaran lebih baik lagi, membuat penilaian untuk diri saya, agar lebih baik kedepannya lagi.

Nilai Reflektif : evaluasi dan perbaikan diri secara continue Contoh perilaku dalam menerapkan nilai reflektif : menanyakan kepada siswa bagaiman proses pembelajaran hari ini Pengalaman terkait nilai reflektif : setiap kali selesai memberikan materi pada saat proses pembelajaran saya bertanya kepada para siswa tentang bagaimana perasaan dan apa yang telah mereka dapat setelah proses pembelajaran

1. Kata kunci dari nilai reflektif adalah perubahan diri, tekun, dan tetap berusaha. 2. Contoh perilaku yang dapat dilakukan oleh seorang guru penggerak adalah menerima perubahan-perubahan positif yang dapat membangun diri menjadi lebih baik melalui proses-proses yang pasti tidak mudah dan keluar dari zona nyaman seorang guru penggerak, terus mengembangkan diri secara teknologi dan cepat tanggap akan perubahan yang ada. 3. Pengalaman saya terkait dengan nilai reflektif ini adalah saya membuat PPT yang dapat memudahkan siswa didik mengerti mengenai materi ajar saya karena pembelajaran melalui daring kurang berkualitas dalam suara dan kualitas video. Sehingga saya mengulangi pembelajaran dengan menggunakan PPT dan men-sharenya di youtube serta membuat penilaian pembelajaran melalui geogle meet yang memudahkan siswa dalam menjawab penilaian saya

Kata kunci dari nilai reflektif adalah: membuka diri, evaluasi, pertimbangan aktif, cermat, menganalisis fakta, mempertimbangkan bukti, menghubungkan, menyimpulkan, dan perbaikan. Contoh perilaku yang bisa dilakukan oleh seorang Guru Penggerak terkait nilai Reflektif adalah ⟮a⟯ bertanya kepada siswa apakah pembelajaran yang dilaksanakan membantu pemahaman siswa, menyenangkan, dan tidak membosankan?, ⟮b⟯ bertanya kepada diri apa yang akan saya lakukan untuk memperbaiki pembelajaran?, dan ⟮c⟯ bertanya kepada rekan tentang pengalaman dalam memfasilitasi siswa belajar. Pada tahun 2019, saya menghadapi situasi siswa yang tidak aktif di kelas, tidak mau bertanya, dan tidak memperhatikan. Dari situasi itu, saya bertanya pada rekan guru tentang pengalaman memfasilitasi siswa. Saya juga bertanya pada diri sindiri, apa yang dapat saya lakukan untuk membuat suasana yang nyaman dan menyenangkan. Selain itu, saya meminta pendapat siswa dalam bentuk angket. Dari sana saya merancang pembelajaran yang diinginkan siswa.

D3. Kolaboratif

Kolaboratif berarti seorang Guru Penggerak mampu senantiasa membangun hubungan kerja yang positif terhadap seluruh pihak pemangku kepentingan yang berada di lingkungan sekolah ataupun di luar sekolah (contoh: orang tua murid dan komunitas terkait) dalam mencapai tujuan pembelajaran. Dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila, seorang Guru Penggerak akan bertemu banyak sekali pihak yang mampu mendukung pencapaian Profil Pelajar Pancasila. Guru Penggerak diharapkan mampu merangkul semua pihak itu.

Guru Penggerak yang menjiwai nilai kolaboratif mampu membangun rasa kepercayaan dan rasa hormat antara dirinya dengan lingkungan sekitarnya, serta mengakui dan mengelola perbedaan peran yang diemban oleh masing-masing tiap pemangku kepentingan sekolah dalam mencapai tujuan bersama.  Perlu diperhatikan, kolaboratif mampu muncul dalam perilaku seperti kerjasama, berkomunikasi, memahami peran masing-masing pihak dalam suatu situasi tertentu, termasuk memberikan feedback juga merupakan bagian dari kolaborasi.

Tugas D.3 Kolaboratif

  1. Berdasarkan pemahaman Anda, apa saja kata kunci dari dari nilai Kolaboratif? Anda dapat menemukan kata kunci berdasarkan bacaan ataupun kata-kata lainnya yang mempunyai makna sesuai dengan nilai tersebut
  2. Apa contoh perilaku yang bisa dilakukan oleh seorang Guru Penggerak terkait nilai Kolaboratif?
  3. Silahkan Anda ceritakan secara singkat pengalaman Anda yang terkait dengan nilai Kolaboratif ini!

Silahkan tuangkan jawaban Anda pada kolom NOTES yang ada dibagian YOUR NOTES AND QUESTIONS!

1. Kata kunci dari nilai kolaboratif adalah seorang guru mampu senantiasa membangun hubungan kerja yang positif terhadap seluruh pihak pemangku kepentingan yang berada di lingkungan sekolah ataupun di luar sekolah (contoh: orang tua murid dan komunitas terkait) dalam mencapai tujuan pembelajaran. 2. Contoh perilaku yang bisa dilakukan oleh seorang Guru Penggerak terkait nilai kolaboratif yaitu merangkul semua pihak, membangun rasa kepercayaan dan rasa hormat antara dirinya dengan lingkungan sekitarnya, serta mengakui dan mengelola perbedaan peran yang diemban oleh masing-masing tiap pemangku kepentingan sekolah dalam mencapai tujuan bersama. 3.Pengalaman saya terkait dengan nilai kolaboratif sebagai guru bahwa dalam menjalankan tugas saya selalu menjaga komunikasi dan hubungan kerjasama positif terhadap teman sejawat dan orangtua murid. Kemudian dalam hal tindakan perbaikan tentang permasalahan-permasalahan yang dialami oleh murid, selalu berdiskusi dengan dengan teman sejawat.

1. Kata kunci dari nilai kolaboratif adalah bekerja sama dan sama-sama bekerja 2. Contoh perilaku terkait nilai Kolaboratif adalah seorang guru harus mampu bekerja sama dengan orang yang ada disekitarnya, baik dengan teman sejawat, kepala sekolah, orang tua murid bahkan dengan murid. 3. Pengalaman saya terkait nilai Kolaboratif setiap ada kegiatan yang dilaksanakan di sekolah, terkhusus saya dipercayakan mengajar kelas VI, saat mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan ujian akhir, saya sangat membutuhkan dukugan maupun bantuan dari teman-teman sejawat, tanpa mereka saya tidak bisa mempersiapkan semuanya, sehingga saya sangat menyadari bahwa kerja sama itu sangat dibutuhkan. Saya juga pernah mendengar keluh kesah seorang ibu tentang kelemahan akademik anaknya, lalu saya mengkomunikasikan hal-hal baik yang ada pada anaknya, dan supaya ibu tersebut menghargai setiap kelebihan yang ada pada anaknya supaya anaknya merasa disayangi dan dihargai, lalu kami melihat perubahan baik si anak

1. Kata kunci untuk Kolaboratif adalah kerjasama dan komunikasi 2. Contoh perilaku yang bisa di lakukan oleh guru penggerak terkait nilai kolaboratif adalah bekerjasama mengatasi permasalahan pembelajaran dengan berbagi pengetahuan, pengalaman serta praktik-praktik pembelajaran terhadap sesama guru dan menjalin komunikasi dengan orang tua dan warga sekolah agar pembelajaran bisa berjalan dengan baik. 3. Pengalaman terkait nilai kolaboratif yaitu pada masa pandemi covid 19 yang mengharuskan pembelajaran di laksanakan secara daring dalam mempersiapkan bahan ajar banyak bertukar pikiran dengan rekan kerja dan tidak jarang saling membantu agar proses belajar berjalan baik, menyenangkan dan mencapai tujuan.

1. Kata Kunci dari Nilai Kolaboratif adalah seorang Guru Penggerak mampu senantiasa membangun hubungan kerja yang positif terhadap seluruh pihak pemangku kepentingan yang berada di lingkungan sekolah ataupun di luar sekolah (contoh: orang tua murid dan komunitas terkait) dalam mencapai tujuan pembelajaran. 2. Contoh prilaku yang bisa dilakukan oleh seorang guru penggerak terkait nilai Kolaboratif adalah menjalin komunikasi dan hubungan baik dengan semua pihak pemangku kepentingan agar terciptanya hubungan yang harmonis antara guru, orang tua , dan komunitas terkait dalam menyelesaikan masalah yang dialami.

Kata kunci kolaboratif adalah kerjasama seluruh pihak pemangku kepentingan yang berada dilingkungan sekolah ataupun di luar sekolah (contoh: orang tua murid dan komunitas terkait) dalam mencapai tujuan pembelajaran. 2. Contoh perilaku yang bisa dilakukan oleh seorang guru penggerak terkait nilai kolaboratif yaitu mampu membangun kepercayaan dan rasa hormat antara dirinya dengan lingkungan sekitarnya, serta mengakui dan mengelola perbedaan peran yang diemban demi pencapaian tujuan bersama. 3. Pengalaman terkait nilai kolaboratif ketika membuat soal ujian semester, kami biasanya berdiskusi dalam group wa sesama guru matematika. Dalam satu tingkat kelas ada beberapa guru yang mengajar. Kemudian dibagi tugas untuk pembuatan kartan soal ujian. saling memberi masukan dan melengkapi sehingga menghasilkan satu kartan hasil kolaborasi.

1) Kata Kunci dari nilai Kolaboratif: kerja sama positif, menghargai perbedaan pendapat, peduli, berbagi. 2) Melibatkan dan merangkul pihak-pihak yang terkait akan sebuah pekerjaan agar pekerjaan tersebut menjadi lebih mudah karena setiap pihak bisa menjalankan perannya masing-masing sesuai dengan bidag atau keahliannya. 3) Pengalaman ini terjadi sekita tahun 2019 ketika Persami (Perkemahan Sabtu-Minggu) di sekolah. Tentunya saya selaku Pembina pramuka tidak akan sanggup menghandle peserta didik dengan jumlah yang sangat banyak ketika kegiatan tersebut. Oleh karenanya, saya membagi tugas kepada (Dewan Penggalang) untuk membantu saya dalam kegiatan tersebut. Dewan Penggalang adalah pramuka-pramuka pilihan yang membantu Pembina dalam memberikan materi dan kegiatan-kegiatan kepramukaan. Alhamdulillah, kegiatan Persami berjalan dengan lancar karena semua pihak terlibat aktif dgn perannya masing-masing.

1. Berdasarkan pemahaman Anda, apa saja kata kunci dari dari nilai Kolaboratif? Anda dapat menemukan kata kunci berdasarkan bacaan ataupun kata-kata lainnya yang mempunyai makna sesuai dengan nilai tersebut.Kata kunci dari nilai kolaboratif adalah senantiasa membangun kerjasama yang baik dengan seluruh pihak terkait baik di lingkungan sekolah maupun di luar dari lingkungan sekolah untuk mencapai tujuan yang diharapkan. 2. Apa contoh perilaku yang bisa dilakukan oleh seorang Guru Penggerak terkait nilai Kolaboratif? Contohnya adalah merangkul semua pihak terkait, saling menghargai dan menghormati perbedaan yang ada untuk mencapai tujuan bersama. 3Silahkan Anda ceritakan secara singkat pengalaman Anda yang terkait dengan nilai Kolaboratif ini!. Misal di saat pembagian raport Mid Semester saya merangkul wali murid agar lebih memperhatikan dan memantau cara belajar anak. Kerjasama dengan teman sejawat serombel juga hal yang paling sering dilakukan apalagi saat kita membuat segala administrasi.

1. kerja sama dan komunikasi aktif dengan orangtua, masyarakat atau pihak lainnya guna mendukung pendidikan 2. Menjalin komunikasi dan kerja sama dengan pihak-pihak yang dianggap bisa dan mampu mendukung suksesnya pendidikan di sekolah 3. Baru-baru ini kami melakukan kolaborasi dengan orangtua dan masyarakat dalam hal ini tokoh ahli terkait pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek penguatan karakter profil pelajar Pancasila Bhinneka Tunggal Ika dengan konsep eksplorasi tarian daerah. kolaborasi kami lakukan bersama orang tua sebagai sumber ahli yang mampu menyampaikan informasi yang luas dan akurat tentang tarian daerah tersebut dan mereka sangat antusias mengajarkan anak didik kami tarian daerah tersebut. kami juga berkolaborasi dengan sanggar tari

Kata kunci dari nilai kolaboratif adalah kekompakan. dalam suatu sekolah apabila seluruh guru-gurunya dan seluruh warga sekolah kompak maka kerjasama bisa dilakukan dengan baik. Contoh perilaku yang bisa dilakukan oleh seorang guru penggerak terkait nilai kolaboratif adalah mampu mengarahkan seluruh warga sekolah untuk tetap disiplin dalam mematuhi peraturan yang telah ditentukan sekolah contoh untuk guru adalah tepat waktu datang pada sekolah Sedangkan untuk pada siswa wa adalah siswa mematuhi segala peraturan dan tata tertib sekolah. Pengalaman singkat terkait dengan nilai kolaboratif adalah dimana saya akan menceritakan nilai kolaboratif saya bersama dengan pihak diluar sekolah dalam hal ini adalah Puskesmas di mana saya membangun komunikasi dengan baik untuk mencapai tujuan yang maksimal dalam hal vaksinasi covid-19 khususnya di sekolah saya. Kerjasama tersebut bangun untuk mencapainya target 100% siswa saya telah divaksinasi.

Pardomuan Sitanggang noted on Tugas D.3 Kolaboratif1. Kata kunci nilai Kolaborasi adalah kerja sama yang jujur dengan tujuan yang sama 2. Yang bisa dilakukan guru Penggerak terkait nilai kolaboratif adalah dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila, seorang Guru Penggerak akan bertemu banyak sekali pihak yang mampu mendukung pencapaian Profil Pelajar Pancasila. Guru Penggerak diharapkan mampu merangkul semua pihak itu. 3. Pengalaman saya terkait dengan nilai kolaboratif adalah dalam mengarahkan karakter negatif anak saya berkolaborati dengan wali kelas dan BK dibawah pengarahan dari kepala sekolah

1. kata kunci dari kolaboratif ; mampu menjalin dan membangun hubungan kerja yang positif terhadap seluruh pihak pemangku kepentingan. 2. contoh perilaku terkait nilai kolaboratif adalah membangun komunikasi yang positif dengan rekan sejawat dan pimpinan, saling menghormati dan menghargai segala perbedaan peran dan mengelolanya dalam mencapai tujuan bersama. 3. pada saat tahun ajaran baru, saya selalu sharing sesama guru IPA terkait materi dan projek yang akan dilaksanakan selama satu semester. jadi, tidak ada perbedaan antara guru dalam penyampaian materi dan projek yang akan dilaksanakan.

1. Kata kunci dari kolaboratif adalah seorang guru mampu senantiasa membangun hubungan kerja yang positif terhadap seluruh pihak pemangku kepentingan yang berada di lingkungan sekolah ataupun di luar sekolah (contoh: orang tua murid dan komunitas terkait) dalam mencapai tujuan pembelajaran. 2. Contoh perilaku yang bisa dilakukan oleh seorang Guru Penggerak terkait nilai Kolaboratif adalah seorang guru harus mampu bekerja sama dengan orang yang ada disekitarnya, baik dengan teman sejawat, kepala sekolah, orang tua murid bahkan dengan murid. 3. Pengalaman singkat tentang nilai kolaboratif adalah bekerja sama dengan teman sejawat dan menjaga komunikasi dan hubungan kerjasama positif terhadap teman sejawat dan orangtua murid. Kemudian dalam hal tindakan perbaikan tentang permasalahan-permasalahan yang dialami oleh murid, selalu berdiskusi dengan dengan teman sejawat.

Kata kunci kolaboratif ialah seorang guru pengerak mampu membangun hubungan kerja positip terhadap seluruh pihak pemangu kepentingan ataupun dengan teman sejawat

1. kata kunci dari kolaboratif adalah interaksi. interaksi yang didasari persepsi dan tekad yang sama dari seluruh pihak untuk mencapai solusi dan tujuan yang diinginkan. 2. perilaku yang bisa dilakukan terkait nilai kolaboratif adalah menjalin komunikasi yang baik dengan seluruh pihak, menumbuhkan sikap empati dan simpati serta membangun perbedaan yang ada menjadi sebuah hubungan yang positif. 3. pengalaman sebagai guru yang terkait dengan kolaboratif adalah dalam setiap pelaksanaan program-program di sekolah yang beorientasi kepada murid, saya harus berkomunikasi dan menjalin kerjasama yang positif dengan rekan guru, kepala sekolah, komite, dan wali murid. dengan kolaboratif yang positif, seluruh pihak akan dapat menghadapi tantangan dan persoalan yang ditemui.

1. Kata kunci kolaboratif, mau bekerja sama, mau membuka diri dengan pemikiran orang lain, membangun hubungan kerja yang positif demi tercapai tujuan bersama. 2. Menyatukan tujuan dalam perbedaan pendapat juga pemikiran, saling menghargai, saling mengapresiasi juga memotivasi. 3. Membangun hubungan kerja yang positif di sekolah, membangun rasa kekeluargaan dengan berkolaborasi dalam setiap kegiatan dan tindakan.

Guru penggerak mampu senantiasa membangun hubungan kerja yang positif terhadap seluruh pihak pemangku kepentingan yang berada dilingkungan sekolah maupun di luar sekolah dalam mencapai tujuan pembelajaran. 1. Kata kunci dari nilai kolaboratif pada guru penggerak yaitu kerjasama, saling percaya dan komunikasi. 2. Contoh perilaku seorang guru penggerak terkait nilai kolaboratif yaitu menjalin kerjasama dengan seluruh warga sekolah, yaitu dengan kepala sekolah, guru, siswa dan orang tua siswa. 3. Pengalaman saya terkait nilai kolaboratif yaitu bekerjasama dengan guru yang lain dalam mempersiapkan pembelajaran secara daring, sharing dengan teman sejawat tentang permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh peserta didik, sehingga permasalahan tersebut bisa diatasi.

Nilai Kolaboratif : menjalin hubungan kerjasama dan komunikasi yang baik Contoh perilaku dalam menerapkan Nilai Kolaboratif : merangkul stakeholder dalam mencapai tujuan pembelajaran Pengamalaman terkait Nilai Kolaboratif : disaat saya menemukan masalah terutama dalam proses pembelajaran terkait kondisi siswa, saya sering mengkomunikasikan dengan teman sejawat dan buru BK disekolah dan mencari solusi dari masalah tersebut. Seperti siswa jarang masuk sekolah dan mengerjakan tugas serta kesulitan dalam belajar daring.

1. Kata kunci dari kolaboratif menurut pemahaman saya adalah Komunikasi yang baik, menjalin kerjasama dan memahami peranan masing-masing bagian dari warga sekolah yang terkait dengan keberhasilan pembelajaran. 2. Contoh perilaku yang dapat dilakukan seorang Guru Penggerak terkait dengan kolaboratif adalah membangun komunikasi yang baik antar satu dengan lainnya warga sekolah yang berhubungan langsung dengan pembelajaran siswa, sebagai contohnya: orang tua, kepala sekolah, rekan guru, dan juga semua warga sekolah lainnya, memahami peranan setiap bagian masing-masing pemangku kepentingan demi keberhasilan bersama. 3. Pengalaman saya terkait kolaboratif adalah menciptakan hubungan yang baik antara saya, orang tua dan pemangku kepentingan di sekolah seperti: kepala sekolah dan pihak management sekolah (Sekolah Swasta) untuk keberhasilan pembelajaran anak dan beberapa kegiatan tambahan yang mendukung pencapaian anak baik secara pengetahuan maupun keterampilan.

Kata kunci dari nilai kolaboratif adalah kerja sama, komunikasi, dan ketergantungan positif. Contoh perilaku yang bisa dilakukan oleh seorang Guru Penggerak terkait nilai Kolaboratif adalah bersama-sama guru lain mencari solusi permasalahan yang ditemui siswa, baik masalah akademik maupun non akademik. Ada seorang siswa yang kemampuan akademiknya rendah. Beberapa guru meta pelajaran mengatakan siswa jarang hadir, sering terlambat, mengantuk di kelas, dan tidak mengerjakan tugas. Saya bersama-sama guru BK mencari penyebab nilai siswa ini rendah. Setelah dilakukan home visit, diketahui bahwa ada beberapa faktor penyebab, yaitu siswa harus membantu orang tuanya bekerja di ladang, yaitu mencari nira di pohon kelapa. Hal inilah penyebab siswa sering terlambat, kelelahan, dan tidak sempat mengerjakan tugas. Melalui konseling, siswa membuat kesepakatan bahwa akan berusaha membagi waktu untuk belajar dan bekerja, serta mengerjakan tugas.

D. 4. Inovatif

Inovatif berarti seorang Guru Penggerak mampu senantiasa memunculkan gagasan-gagasan baru dan tepat guna terkait situasi tertentu ataupun permasalahan tertentu. Di tengah perkembangan zaman yang semakin maju, masalah yang muncul pun juga semakin bervariasi. Untuk bisa mengatasi beragam masalah tersebut, diperlukan lah jiwa inovatif dari seorang Guru Penggerak, agar bisa datang dengan penyelesaian masalah yang mungkin tidak biasa namun tepat guna. Seorang Guru Penggerak yang mempunyai nilai inovatif ini, mampu menggunakan nilai reflektifnya dalam mengevaluasi sebuah proses ataupun masalah, dan mencari gagasan-gagasan lainnya untuk menyelesaikan masalah tersebut. Dibutuhkan kejelian dari seorang Guru Penggerak untuk melihat peluang/potensi yang ada di sekitarnya (baik dari guru lain, murid, kepala sekolah, orang tua murid, komunitas lainnya) untuk mendukung ide orisinal demi menguatkan pembelajaran murid.Nilai inovatif ini juga mendukung keterbukaan para Guru Penggerak terhadap gagasan serta ide lain yang muncul dari luar dirinya untuk memecahkan masalah, mencari informasi lain yang bisa mendukung prosesnya, sudut pandang orang lain yang bisa membantu dirinya dalam menemukan inspirasi pemecahan masalah ataupun mengambil keputusan, hingga pada akhirnya melakukan solusi/aksi nyata untuk mengatasi permasalahan.

Tugas D.4 Inovatif

  1. Berdasarkan pemahaman Anda, apa saja kata kunci dari dari nilai Inovatif? Anda dapat menemukan kata kunci berdasarkan bacaan ataupun kata-kata lainnya yang mempunyai makna sesuai dengan nilai tersebut
  2. Apa contoh perilaku yang bisa dilakukan oleh seorang Guru Penggerak terkait nilai Inovatif?
  3. Silahkan Anda ceritakan secara singkat pengalaman Anda yang terkait dengan nilai Inovatif ini!

Silahkan tuangkan jawaban Anda pada kolom NOTES yang ada dibagian YOUR NOTES AND QUESTIONS!

1. Kata kunci dari nilai inovatif adalah seorang guru mampu senantiasa memunculkan gagasan-gagasan baru dan tepat guna terkait situasi tertentu ataupun permasalahan tertentu. 2. Contoh perilaku yang bisa dilakukan oleh seorang Guru Penggerak terkait nilai inovatif yaitu menyelesaikan masalah yang mungkin tidak biasa namun tepat guna, menggunakan nilai reflektifnya dan mencari gagasan-gagasan dalam menyelesaikan masalah, mampu melihat peluang/potensi yang ada di sekitarnya, mendukung keterbukaan terhadap gagasan serta ide lain yang muncul dari luar dirinya. 3.Pengalaman saya terkait dengan nilai Inovatif adalah selalu berusaha berinovasi dalam melaksanakan pembelajaran dengan rancangan program yang sesuai dengan kebutuhan dan yang berpihak pada murid. Menggunakan model pembelajaran yang berbeda dan memberikan perlakuan dalam proses pembelajaran yang berpihak pada murid.

1. Kata kunci nilai inovatif adalah semampu menghasilkan ide yang baru dan cemerlang 2. Contoh perilaku nilai inovatif adalah seorang guru mampu memiliki dan menyampaikan gagasan di setiap ada kegiatan, dan mampu menyelesaikan masalah dan tantangan dengan gagasan yang dimiliki 3. Pengalaman saya dengan nilai inovatif selama masa pandemi berusaha mempersiapkan vidio pembelajaran sebaik mungkin supaya anak-anak tidak bosan menontonnya, dan ketika melakukan pembelajaran via zoom meeting menanykan kembali kepada murid-murid hal apa saja yang mereka terima dari vidio pembelajaran dengan demikian meski pembelajaran berlangsung secara online tetapi tetap menghasilkan hasil yang optimal

1. Kata kunci dari nilai inovatif adalah kreatifitas, inspirasi dan inovasi 2. Perilaku guru inovatif adalah didepan dapat memberi contoh, bisa mendampingi dan bisa mengayomi dari belakang, mampu mengimbangi kebutuhan siswa sesuai kodratnya, memberi ruang gerak bebas tanggung jawab kepada siswa dan mampu menjadi inspirasi bagi siswa atau lingkungan. 3. Pengalaman yang terkait dengan nilai inovatif terus belajar mengembangkan diri dengan terus belajar mengikuti kemajuan dan perubahan, saat belajar daring membuat beberapa video pembelajaran agar siswa dapat belajar dengan senang meskipun belajar di rumah.

1. Kata Kunci dari Nilai Inovatif adalah Kata seorang Guru Penggerak mampu senantiasa memunculkan gagasan-gagasan baru dan tepat guna terkait situasi tertentu ataupun permasalahan tertentu 2. Contoh prilaku yang dilakukan oleh seorang guru penggerak terkait nilai Inovatif adalah mengasah dan membimbing murid agar bisa menciptakan sesuatu yang inovatif dan kreatif. 3. Pengalaman saya terkait dengan nilai Inovatif adalah berusaha mempersiapkan diri untuk berinovasi dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran yang berbeda agar siswa tidak bosan.

1. kata kunci dari nilai inovatif adalah seorang guru yang memiliki terobosan-terobosan baru yang memudahkan dirinya sendiri maupun orang lain dalam melakukan suatu aktivitas. 2. Contoh perilaku yang bisa dilakukan seorang guru penggerak terkait nilai inovatif adalah menggunakan nilai reflektifnya untuk menemukan terobosan baru dalam menyelesaikan suatu masalah yang dihadapinya. 3. Pengalaman saya terkait dengan nilai inovatif ini adalah ketika dalam pembelajaran daring yang saat itu dengan banyaknya siswa yang tidak semua dapat bergabung dalam G Meet karena pesertanya maksimal, saya juga menggunakan live streaming youtube serta membuat video pembelajaran yang sesuai dengan materi yang saya sampaikan.

1) Kata kunci dari nilai Inovatif: gagasan baru tepat guna dalam menyelesaikan masalah, kejelian melihat peluang yang ada sekitar, orisinil. 2) Menghasilkan karya sederhana dan biasa namun efektif serta sangat dibutuhkan untuk kemudahan pekerjaan terutama di internal sekolah. 3) Pada tahun 2016 sebelum adanya e-raport untuk pengolahan nilai raport siswa. Sekolah kami belum memiliki format raport sendiri; maka dari itu, saya sebagai staff kurikulum diminta oleh kepala sekolah untuk membuat format raport sederhana. Bismillah, saya mencoba membuat format raport sederhana berbasis excel yang mudah digunakan oleh rekan-rekan guru di sekolah. Format raport yang saya buat ini digunakan oleh sekolah sampai menjelang adanya kebijakan penggunaan e-raport oleh Dinas Pendidikan Kota Batam

1. Kata kunci nilai inovatif adalah semampu menghasilkan ide yang baru dan bijak.2. Contoh perilaku yang bisa dilakukan oleh seorang guru terkait nilai inovatif yaitu menyelesaikan masalah yang mungkin tidak biasa namun bermakna. 3. Pengalaman yang terkait dengan nilai inovatif terus belajar mengembangkan diri dengan terus belajar mengikuti kemajuan dan perubahan walaupun terkadang saya mungkin membuat teman jengkel karena asyik bertanya terhadap teman yang bisa IT.

1. berinovasi terhadap gagasan-gagasan baru 2. melakukan terobosan terhadap diri sendiri dan proses belajar yang didesain dengan inovasi atau gagasan yang sedang tren dengan harapan lebih menyenangkan bagi peserta didik 3. Saya sebagai guru selalu berinovasi dalam pembelajaran saya sesuai dengan tren ilmu teknologi yang sedang tren saat itu, bagi saya tren bisa dijadikan sebagai sebuah metode yang mungkin menyenangkan bagi anak didik saya dalam kegiatan belajarnya

Inovatif adalah kata yang tidak dapat terpisahkan dari seorang guru. kata lain kata kunci dari inovatif menurut saya adalah berkemajuan seorang guru yang memiliki rasa berkemajuan akan menjadi guru yang profesional. Seorang guru penggerak yang inovatif mampu membawa perubahan kepada seluruh guru yang ada di sekolahnya untuk terus berkarya untuk kemajuan kompetensi yang dimiliki oleh seorang guru. Secara singkat pengalaman saya di saat pandemi melanda penjuru negeri disaat itulah muncul ide dan pemikiran untuk terus keberlangsungan pendidikan utamanya di sekolah saya di mana saya mengajak seluruh guru untuk menguasai teknologi khususnya pembelajaran secara daring dan alhamdulillah guru-guru saya mampu melakukannya dengan baik selain itu pada saat PTM terbatas di mana sebagian siswa saya berada di rumah dan sebagian berada di sekolah proses belajar itu saya inovasikan dengan tatap muka secara langsung di kelas dan tatap muka secara virtual di mana guru-guru mengajar secara langsung di kelas dan secara live.

Pardomuan Sitanggang noted on Tugas D.4 Inovatif1. Kata kunci nilai inovatif adalah suatu pemikiran/terobosan individu yang sangat bermanfaat. 2. Contoh perilaku guru penggerak terkait nilai inovatif adalah dengan membuat aplikasi data baik penilaian maupun perhitungan koreksi cepat. Inovasi belajar dapat dimana-mana melalui gadget yang digenggaman tangan. 3. Terkait nilai inovatif ini saya telah membagikan berbagai aplikasi perhitungan cepat melalui exel baik dalam penilaian siswa maupun analisis butir soal serta inovasi di bidang IT baik website pribadi, teman dan sekolah

1. Kata Kunci dari Nilai Inovatif adalah Kata seorang Guru Penggerak mampu senantiasa memunculkan gagasan-gagasan baru dan tepat guna terkait situasi tertentu ataupun permasalahan tertentu 2. Contoh prilaku yang dilakukan oleh seorang guru penggerak terkait nilai Inovatif adalah mengasah dan membimbing murid agar bisa menciptakan sesuatu yang inovatif dan kreatif. 3. Pengalaman saya terkait dengan nilai Inovatif adalah berusaha mempersiapkan diri untuk berinovasi dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran yang berbeda agar siswa tidak bosan.

1. kata kunci dari inovatif : memunculkan gagasan-gagasan baru dan tepat guna terkait situasi tertentu ataupun permasalahan tertentu. 2. perilaku yang bisa dilakukan : setelah melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, seorang guru harus mampu berinovasi terkait aksi perbaikan yang akan dilakukan. 3. pada saat pandemi, saya berusaha merancang proses pembelajaran yang menarik dengan menggunakan berbagai aplikasi untuk mendukung keberlangsungan pembelajaran.

Di tengah perkembangan zaman yang semakin maju, masalah yang muncul pun juga semakin bervariasi. Untuk bisa mengatasi beragam masalah tersebut, diperlukan lah jiwa inovatif dari seorang Guru Penggerak, agar bisa datang dengan penyelesaian masalah yang mungkin tidak biasa namun tepat guna. Seorang Guru Penggerak yang mempunyai nilai inovatif ini, mampu menggunakan nilai reflektifnya dalam mengevaluasi sebuah proses ataupun masalah, dan mencari gagasan-gagasan lainnya untuk menyelesaikan masalah tersebut.

1. kata kunci dari inovatif adalah kreatif. selalu berusaha untuk memunculkan ide dan gagasan yang baru dan bermanfaat untuk lingkungan sekitarnya. 2. perilaku yang bisa dilakukan guru penggerak terkait nilai inovatif, aktif mengembangkan dan meningkatkan kompetensi diri dalam berbagai kesempatan selanjutnya meningkatkan rasa empati dan simpati yang ada dalam diri. 3. Pengalaman saya terkait nilai inovatif adalah melaksanakan praktik baik kepada murid dengan berkolaborasi dengan lingkungan sekitar dengan begitu, tujuan tidak hanya mengutamakan pada lingkungan pendidikan tetapi juga membangun karakter positif pada murid untuk dapat peduli dengan lingkungan sekitarnya.

1. Kata Kunci dari inovatif adala menghadirkan pemikiran-pemikiran yang baru dan terkini sesuap permasalahan yang dihadapai, menemukan solusi menarik dan teoat guna. 2. Saat menghadapi kendala dalam pembelajaran bisa menyeesaikan denga pemikiran terkini dan tepat guna. 3. Membuat inovasi media pembelajaran yang menyenangkan dan memunculkan keaktifan siswa.

Nilai Inovatif : pencetus ide/gagasan terkini sebagai solusi Contoh perilaku dalam menerapkan Nilai Inovatif : memberikan solusi dalam menyelesaikan masalah hasil dari refleksi diri Pengalaman terkait Nilai Inovatif : tantang pembelajaran Jarak Jauh dan tatap muka terbatas banyak kendala – kendala yang dihadapi oleh teman – teman guru disekolah, seperti harus menghadapi proses pembelajaran secara daring dan tatap muka dalam waktu bersamaan. Jadi saya memberikan ide dan mencontohkan dalam menoptimalkan akun pembelajaran dan penggunaan Google classroom

1. Kata kunci dari nilai inovatif adalah gagasan dan pembaharuan. Seorang guru hendaknya mampu memunculkan gagasan baru yang tepat guna terhadap situasi tertentu, serta keterbukaan para guru terhadap gagasan atau ide yang muncul dari luar dirinya untuk memecahkan masalah. 2. Contoh perilaku yang bisa dilakukan oleh seorang guru penggerak terkait nilai inovatif yaitu memberikan saran dan gagasan terhadap suatu permasalahan atau kegiatan. Pengalaman saya terkait dengan nilai inovatif adalah berusaha menciptakan suasana belajar yang nyaman untuk peserta didik, misalnya dengan merubah bentuk/posisi meja dan kursi belajar peserta didik.

1. Kata kunci dari nilai inovatif adalah ide-ide atau gagasan-gagasan baru dalam pemecahan masalah yang ada. 2. Contoh perilaku yang dilakukan seorang Guru Penggerak adalah menemukan solusi dari beberapa permasalahan yang ditemuai secara langsung yang dapat menghambat pembelajaran dan pelaksanaan Profil Pelajar Pancasila. 3. Pengalaman saya mengenai nilai inovatif ini adalah ketika pandemi Covid-19 disahkan menjadi pandemi global, pembelajaran harus dilaksanakan secara online. Saya dan beberapa guru lainnya sepakat memakai zoom untuk pembelajaran online dan mulai menggunakan geogle form untuk melaksanakan penilaian kepada siswa guna melanjutkan pembelajaran daring.

Kata kunci nilai inovatif adalah kreatif, ide baru, adatasi, dan modifikasi. Contoh perilaku inovatif seorang Guru Penggerak adalah menerapkan pembelajaran yang bermakna bagi siswa, menggunakan berbagai sumber belajar, menyenangkan, dan sesuai dengan cara belajar siswa. Pada pembelajaran statistika, siswa dihadapkan pada penyajian data dalam diagram. Biasanya siswa diberikan data kemudian membuat diagramnya. Kali ini, saya meminta siswa meneliti, untuk mengambil data pekerjaan, penghasilan, harga kebutuhan pokok, dan tingkat kelahiran. Data bisa diambil di kantor Desa, pasar, maupun warung sekitar sekolah. Dari data yang dikumpulkan siswa, diminta menyajikan dalam diagram yang dipilih siswa.

5. Berpihak pada Murid

Berpihak pada murid disini berarti seorang Guru Penggerak selalu bergerak dengan mengutamakan kepentingan perkembangan murid sebagai acuan utama. Segala keputusan yang diambil oleh seorang Guru Penggerak didasari pembelajaran murid terlebih dahulu, bukan dirinya sendiri. Segala hal yang kita lakukan, harus tertuju pada perkembangan murid, bukan pada pemuasan diri kita sendiri, maupun orang lain yang berkepentingan. Sebagai Guru Penggerak yang memiliki nilai ini, kita selalu harus mulai berpikir dari pertanyaan “apa yang murid butuhkan?”, “apa yang bisa saya lakukan untuk membuat proses belajar ini lebih baik?” dll.          Yang perlu seorang Guru Penggerak ingat, bahwa ini adalah nilai yang utama dan penting. Pada modul 1.1 kita sudah bahas bahwa filosofi utama dari Ki Hadjar Dewantara menekankan pada pemusatan orientasi pendidikan pada murid. Sebagai Guru Penggerak, mengutamakan keberpihakan pada murid adalah pedoman perilaku yang utama.

Tugas D.5 Berpihak pada Murid

  1. Berdasarkan pemahaman Anda, apa saja kata kunci dari dari nilai Inovatif? Anda dapat menemukan kata kunci berdasarkan bacaan ataupun kata-kata lainnya yang mempunyai makna sesuai dengan nilai tersebut
  2. Apa contoh perilaku yang bisa dilakukan oleh seorang Guru Penggerak terkait nilai Berpihak pada Murid?
  3. Silahkan Anda ceritakan secara singkat pengalaman Anda yang terkait dengan nilai Berpihak pada Murid ini!

Silahkan tuangkan jawaban Anda pada kolom NOTES yang ada dibagian YOUR NOTES AND QUESTIONS!

1. Kata kunci dari nilai berpihak pada murid adalah seorang guru selalu bergerak dengan mengutamakan kepentingan perkembangan murid sebagai acuan utama. 2. Contoh perilaku yang bisa dilakukan oleh seorang Guru Penggerak terkait nilai berpihak pada murid yaitu segala keputusan yang diambil oleh seorang Guru Penggerak didasari pembelajaran murid terlebih dahulu, bukan dirinya sendiri. Segala hal yang kita lakukan, harus tertuju pada perkembangan murid. 3.Pengalaman saya terkait dengan nilai berpihak pada murid adalah melaksanakan pembelajaran dengan rancangan program (RPP) yang sesuai dengan kebutuhan dan yang berpihak pada murid. Menggunakan model pembelajaran yang berbeda, memberikan ruang dan perlakuan dalam proses pembelajaran serta membuat kesepakatan yang berpihak pada murid.

1. Kata kunci berpihak pada murid menuntun bukan menuntut 2. Contoh perilaku nilai berpihak pada murid seorang guru bukan menuntut supaya anak mendapat semua nilai tuntas dan nilai yang tinggi tetapi menuntun mereka untuk mampu menjadi diri mereka sendiri belajar dengan selamat dan bahagia 3. Pengalaman singkat saya terkait Berpihak pada Murid selama belajar online dimasa pandemi ketika mereka tidak ontime mengumpulkan tugas atau tidak ontime mengirimkan foto daftar hadir saya akan dengan penuh kasih menanyakan setiap alasan mereka, saya membimbing bukan mengintimidasi mereka dan buat anaka yang sudah seminggu tidak mengumpulkan tugas saya mendatangi rumahnya dan melihat langsung kendala-kendala yang dihadapi sang murid.

1. Kata kunci dari nilai berpihak pada murid adalah mengutamakan kepentingan perkembangan murid sebagai acuan utama, ‘ Guru Menghamba pada Murid” 2. Terkait nilai Berpihak pada murid seorang guru dalam merancang pembelajaran harus mendahulukan kepentingan siswa agar siswa dapat belajar dengan nyaman dan menyenangkan . 3. Membuat suasana kelas yang menyenangkan dan menjalin komunikasi langsung kepada murid atau orang tua untuk mengetahui karakteristik murid sebagai acuan dalam merancang strategi pembelajaran agar pembelajaran dapat mencapai tujuan.

1. Kata Kunci dari nilai Berpihak pada murid adalah Potensi, Minat, Bakat, Kebutuhan Murid, Guru sebagai fasiltator, dan Peran serta murid. Guru Penggerak selalu bergerak dengan mengutamakan kepentingan perkembangan murid sebagai acuan utama. 2. Contoh Prilaku yang bisa dilakukan oleh guru penggerak terkait nilai Berpihak pada murid adalah melaksanakan pembelajaran yang menyenangkan sesuai kebutuhan, potensi, minat, dan bakat murid, serta mengembangkan potensi murid supaya tumbuh optimal. 3. Pengalaman singkat saya terkait dengan nilai berpihak pada murid Pembelajaran B. Inggris di sekolah saya terasa membosankan, karena minat siswa kurang dalam berbahasa inggris.. Dengan memperhatikan minat siswa, materi pelajaran saya buat dengan membiasakan anak membaca dalam bahasa inggris dan membiasakan siswa untuk berani berbicara walaupun salah agar siswa terbiasa dan berani berbicara. Dan saya membuat siswa merasa nyaman dan merdeka dalam mengungkapkan dan berbiacara dalam bahasa inggris.

1. Kata kunci dari berpihak pada murid adalah pemusatan orientasi pendidikan pada murid 2. Contoh perilaku yang bisa dilakukan oleh seorang guru penggerak terkait nilai berpihak pada murid adalah guru penggerak selalu bergerak dengan mengutamakan kepentingan perkembangan murid sebagai acuan utama. 3. Pengalaman saya terkait dengan nilai berpihak pada murid adalah kesabaran saya untuk membimbing siswa agar semua siswa dapat belajar dengan rasa senang, memunculkan keberanian untuk bertanya dan mempresentasikan hasil diskusi mereka.

1) Kata kunci berpihak pada murid: pembelajaran berpusat pada peserta didik, pembelajaran berorientasi terhadap apa yang dibutuhkan peserta didik, tujuan pembelajaran dibuat berdasarkan karakter dan potensi peserta didik. 2) Merancang tujuan dan kegiatan pembelajaran berdasarkan karakter dan potensi peserta didik secara umum. 3) Menggunakan model pembelajaran Discovery learning. Pada model pembelajaran ini, peserta didik belajar secara kelompok untuk menemukan informasi tentang materi yang sedang mereka pelajari kemudian mengerjakan tugas yang telah disediakan oleh guru. Fungsi guru lebih sebagai fasilitator sedangkan peserta didik sebagai inventor (penemu).

Kata kunci berpihak pada murid menuntun anak sesuai dengan kodratnya bukan menuntut anak dengan KKM yang begitu memberatkan bagi saya seorang guru. 2. Contoh perilaku nilai berpihak pada murid seorang guru bukan menuntut supaya anak mendapat semua nilai tuntas dan nilai yang tinggi tetapi menuntun mereka untuk mampu menjadi diri mereka sendiri belajar dengan selamat dan bahagia lahir dan batinnya. 3. Pengalaman saya terkait dengan nilai berpihak pada murid adalah melaksanakan kegiatan pembelajaran yang nyaman bagi anak dan berusaha mendekati anak disaat anak sedang mengerjakan tugasnya agar saya tahu sejauhmana pemahaman anak dan membimbing anak yang masih kebingungan dalam menyelesaikan tugasnya. Betapa ibanya saya melihat anak yang keningnya sampai berkerut kalau dia bingung.

1. kata kuncinya adalah kepentingan murid 2. melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik 3. Pembelajaran yang berpihak kepada murid yang saya sudah jalankan selama ini adalah saya dalam proses mengajar saya selalu mencoba mengakomodir semua kebutuhan peserta didik yang beraneka ragam, meskipun dengan situasi sekolah negeri yang mana setiap kelas itu diisi dengan jumlah peserta didik yang melebihi kapasitas normal dari anjuran pemerintah tapi saya mencoba mendesainnya dengan pembelajaran yang berdiferensiasi. saya juga memberikan kebebasan berkarya bagi peserta didik dalam mendesain tugas belajarnya. kemudian melalui asesmen diagnostik kognitif awal dan pengamatan selama proses pembelajaran saya juga mendesain untuk asesmen sumatif seperti ulangan harian saya yang sesuai dengan kemampuan peserta didik saya.

Kata kunci dari nilai berpihak kepada murid adalah menghamba kepada siswa. kita sebagai seorang guru harus mementingkan kebutuhan anak-anak kita di dalam pembelajaran sekecil apapun kejadian itu kita harus mementingkan kepentingan siswa keberpihakan kita kepada siswa adalah hal yang utama yang tidak bisa kita elakkan. Contoh kecil yang dilakukan oleh seorang guru penggerak adalah ketika mengajarkan sesuatu kepada anak didik kita dan salah satu diantara mereka yang belum paham tentang materi yang kita ajarkan maka disinilah kita berpihak kepada siswa bagaimana kita mampu memahamkan materi ini kepada siswa yang belum memahami apa yang telah kita ajarkan dengan penuh kesabaran kan kita menuntun anak kita sampai mereka paham akan apa yang kita ajarkan. Pengalaman yang terkait dengan nilai berpihak pada murid adalah suatu ketika saya sedang mengajar di kelas tiba-tiba ada panggilan untuk menghadap ke pimpinan Kepala Sekolah. tindakan saya tetap mengajar dan tidak meninggalkan anak-anak dikelas.

1. Kata kunci dari nilai berpihak pada murid adalah mengutamakan pelayanan pada kebutuhan pembelajaran siswa baik pengembangan karakter maupun sosiologisnya. 2. Contoh perilaku yang dilakukan seorang guru penggerak terkait nilai berpihak pada murid adalah konsep/strategi/metode pembelajaran yang dapat membuat siswa rasa nyaman dan senang 3. Contoh perilaku berpihak pada siswa yang saya lakukan adalah kesepatan awal dulu yang kita lakukan sebelum perlakuan pembelajaran yang kita lakukan dengan konsep usul dari siswa kita hanya menerima dan mengarahkan diskusi mereka saja dalam menanamkan konsep musyawarah di lingkungan siswa dengan saling menerima dan menghargai usul sesama mereka

1. Kata kunci dari nilai berpihak pada murid adalah seorang guru selalu bergerak dengan mengutamakan kepentingan perkembangan murid sebagai acuan utama. 2. Contoh perilaku yang bisa dilakukan oleh seorang Guru Penggerak terkait nilai berpihak pada murid yaitu segala keputusan yang diambil didasari pembelajaran murid terlebih dahulu, bukan dirinya sendiri. Segala hal yang kita lakukan, harus tertuju pada perkembangan murid. dan menciptakan pembelajaran yang nyaman dan menyenangkan bagi murid. 3.Pengalaman saya terkait dengan nilai berpihak pada murid adalah melaksanakan pembelajaran dengan rancangan program (RPP) yang sesuai dengan kebutuhan dan yang berpihak pada murid. Menggunakan model pembelajaran yang berbeda, memberikan ruang dan perlakuan dalam proses pembelajaran serta membuat kesepakatan yang berpihak pada murid.

1. kata kunci berpihak pada murid ; mengutamakan kepentingan perkembangan murid. 2. contoh perilaku yang bisa dilakukan ; mengetahui apa yang dibutuhkan oleh murid, apa yang mereka inginkan. 3. pengalaman terkait berpihak pada murid ; dalam proses pembelajaran saya selalu memberikan perlakuan yang sama pada setiap murid, penggunaan media dan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan murid.

Berpihak pada murid disini berarti seorang Guru Penggerak selalu bergerak dengan mengutamakan kepentingan perkembangan murid sebagai acuan utama. Segala keputusan yang diambil oleh seorang Guru Penggerak didasari pembelajaran murid terlebih dahulu, bukan dirinya sendiri. Segala hal yang kita lakukan, harus tertuju pada perkembangan murid, bukan pada pemuasan diri kita sendiri, maupun orang lain yang berkepentingan.

1. kata kunci dari berpihak pada murid adalah berjiwa besar. menyadari murid memiliki potensi masing-masing sesuai dengan kodratnya, menggali dan menemukan potensi baik yang ada dalam diri mereka melalui proses pembelajaran. bukan menentukan murid berdasarkan keinginan atau pencapaian yang diinginkan oleh guru. 2. contoh perilaku yang bisa dilakukan terkait nilai berpihak pada murid yaitu : berperan aktif dalam mengembangkan kapasitas diri sehingga mampu memahami murid dengan berbagai cara dan metode yang dibutuhkan oleh murid. 3. pengalaman terkait dengan nilai berpihak pada murid, selama pembelajaran daring untuk mata pelajaran seni budaya, saya menerapkan berbagai macam aplikasi yang disesuaikan dengan kemampuan dan keinginan murid dalam pengerjaan tugas, diharapkan murid dapat mengembangkan bakat, minat dan potensi yang maksimal dalam diri mereka. kemudian menuntun murid untuk aktif berdiskusi terhadap permasalahan pembelajaran yang mereka hadapi untuk dicarikan solusi atau jalan keluarnya bersama-sama.

1. Kata kunci dari berpihak pada murid adalah melayani murid dengan segala potensi yang mereka miliki, mementingkan kebutuhan murid itu sendiri. 2. mengembangkan kapasitas diri sehingga mampu memahami murid dengan berbagai cara dan metode yang dibutuhkan oleh murid. 3. Merancang pembelajaran yang fokus pada keaktifan murid, serta potensi yang dimiliki, dalam pembuatan media serta modul ajar.

Nilai berpihak pada murid : bertindak sesuai kebutuhan siswa Contoh perilaku dalam menerapkan Nilai berpihak pada murid : memperhatikan bakat dan minat siswa Pengamalaman terkait Nilai berpihak pada murid : saat memberikan tugas kepada siswa saya memberikan kesempatan kepada siswa untuk membuat tugas sesuai dengan bakatnya. Seperti tugas psikomotor mereka ada yang buat dalam bentuk puisi, poster ada yang membuatnya dalam bentuk berita lalu mereka jadi penyiar beritanya

1. Kata kunci dari nilai berpihak pada murid adalah mengutamakan kepentingan perkembangan murid. Contoh perilaku yang bisa dilakukan oleh seorang guru penggerak terkait nilai berpihak pada murid yaitu dalam pembelajaran guru selalu memperhatikan apa yang dibutuhkan oleh peserta didik, serta memahami kemampuan para peserta didik. 3. Pengalaman saya terkait dengan nilai berpihak pada murid yaitu membuat suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan, membantu para peserta didik yang kesulitan dalam mengerjakan tugas.

1. Kata kunci dalam nilai berpihak pada murid adalah: Mengutamakan kepentingan murid dibandingkan kepentigan Guru Penggerak. 2. Contoh prilaku yang dapat dilakukan Guru Penggerak adalah mengutamakan keberhasilan pembelajaran anak dibandingkan keperluan individual Guru Penggerak itu sendiri. 3. Pengalaman saya yang pernah saya lakukan adalah, ketika seorang siswa dari kelas saya menjatuhkan laptop saya ketika pembelajaran tatap muka terbatas dilakukan di sekolah, saya tidak langsung serta merta memarahi siswa saya, namun mengkomunikasikannya dengan orangtuanya walaupun tidak ada tanggapan apapun dengan laptop saya. Saya mendahulukan psikologis anak didik saya dibandingkan emosi saya.

Penutup

Demikian paparan materi untuk Eksplorasi Konsep Bapak/Ibu Calon Penggerak. Semoga paparan singkat ini bisa memberikan wawasan baru pada Program Guru Penggerak ini. Sampai Jumpa di Forum Diskusi Tertulis.

Share:

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Call