1.2.a.4.1. Eksplorasi Konsep – Diskusi Mandiri

Durasi : 3 JP
Moda : Pembelajaran Mandiri dan Forum Diskusi Tertulis

Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak,

Setelah secara mandiri, Anda sudah mempelajari Profil Pelajar Pancasila, Peran serta Nilai dari Guru Penggerak, sekarang mari kita diskusikan pemahaman Anda mengenai hal-hal tersebut. 

Anda akan diminta untuk menjawab pertanyaan diskusi di bawah ini. Silahkan jawab pertanyaan ini di LMS pada bagian Eksplorasi Konsep – Forum Diskusi Tertulis. Pertanyaan untuk dijawab:

  1. Menurut Anda, Apa hubungan antara Profil Pelajar Pancasila, dengan Peran serta Nilai Guru Penggerak yang sudah Anda pelajari? 
  2. Jika ada rekan Guru ataupun Kepala Sekolah yang kurang mendukung Anda dalam menjalankan peran sebagai Guru Penggerak, Apa yang bisa Anda lakukan? Gunakan pengetahuan Anda terkait nilai dan peran seorang Guru Penggerak!

Terima Kasih Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak karena sudah menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Sekarang saatnya kita belajar dari rekan sesama Calon Guru Penggerak. Silakan Anda lihat jawaban dari rekan Calon Guru Penggerak lain, dan berikan tanggapan terhadap jawaban rekan tersebut. Silakan berikan tanggapan (bisa berupa pertanyaan) kepada (minimal) 2 orang rekan Calon Guru Penggerak yang lain. Ingat mengenai peran Guru Penggerak sebagai kolaborator bagi rekan Guru. Kita bisa membuka ruang kerjasama dan diskusi, antar sesama rekan Guru Penggerak yang tentunya akan berguna juga untuk kita. Selamat berdiskusi.

  • Klik add new question/Tambah pertaanyaan baru untuk menjawab.
  • Klik Reply pada topik diskusi yang diberikan peserta lain untuk memberikan komentar. 

This is a question and answer forum. In order to see other responses to these questions, you must first post your answer

Hubungan antara Profil Pelajar Pancasila, dengan Peran serta Nilai Guru Penggerak

by Pardomuan Sitanggang Pak Tanggang – Saturday, 6 November 2021, 9:38 AMNumber of replies: 1

Picture of 04.01.LPPKSPS.B2

1. Profil pelajar Pancasila memiliki enam ciri utama: beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif lalu Guru penggerak dengan perannya yang meliputi sebagai pemimpin pembelajaran, menggerakan komunitas praktisi, menjadi coach bagi guru lain, mendorong kolaborasi antar guru, mewujudkan kepemimpinan murid salah satu tugasnya adalah mewujudkan profil pelajar Pancasila, dengan peran-peran diatas seharusnya guru penggerak mampu mensukseskan program merdeka belajar.

2. Jika ada rekan Guru ataupun Kepala Sekolah yang kurang mendukung saya dalam menjalankan peran sebagai Guru Penggerak pertama saya akan menanyakan mengapa tidak didukung sebab konsep guru penggerak adalah baik dan benar adanya itu kata kunci pertama. Dan saat seperti inilah perlu implementasi dari nilai-nilai guru penggerak. Guru penggerak yang memiliki nilai kolaboratif akan selalu membangun komunikasi dengan mereka dan menanamkan rasa kepercayaan semua pihak terhadap dirinya. Selanjutnya memberikan keteladanan adalah cara memberikan pengertian akan pentingnya merdeka belajar, yang hanya dapat dicapai jika semua guru dan kepala sekolah bersama- sama berkolaborasi membuat perubahan pergerakan pembelajaran yang berpihak pada murid

Share:

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Call