1.1.a.6. Refleksi Terbimbing – Presentasi Kerangka Filosofis ‘Merdeka Belajar’

  • Pengetahuan dan pengalaman baru yang saya dapat setelah mempelajari secara mendalam pemikiran-pemikiran Ki Hadjar Dewantara, yaitu:
  1. Anak-anak perlu didekatkan dengan perikehidupan rakyat  
  2. Mendorong tumbuh kembang peserta didik secara holistik, aktif dan proaktif
  3. Pembelajaran sesuai kodrat anak dan kodrat zaman.
  4. Pendidikan yang berpihak pada peserta didik
  5. Perpaduan pikiran, perasaan, dan kemauan sehingga memunculkan semangat.
  • Kekuatan saya dalam menerapkan pengetahuan dan pengalaman baru ini

Saya memiliki rasa cinta dan kasih sayang yang besar terhadap anak-anak, mempunyai jiwa pembelajaran dan siap menghadapi berbagai tantangan dan perubahan. Selain itu, setelah melalui berbagai pembelajaran di LMS yang difasilitasi oleh Fasilitator dan guru pendamping serta berkolaborasi dengan teman sesama CGP, sekarang saya lebih percaya diri, optimis, semangat dan dan ingin meningkatkan kompetensi saya secara berkelanjutan.

  • Hal-hal yang perlu saya ubah dari diri saya agar dapat menerapkan pengetahuan dan pengalaman baru ini

Sebagai seorang pendidik, kita perlu memahami karakteristik dan potensi peserta didik kita. Setiap anak memiliki karakteristik dan potensi yang beragam. Seorang pendidik bukan hanya mentransfer ilmu tetapi harus mempu menjadi role model atau figur keteladanan bagi peserta didik. Pembelajaran sebelumnya, guru sering memberikan tugas kepada peserta didik diluar kapasitas mereka dan melupakan kodrat alam mereka, sehingga terkadang ingin menuntut anak diluar kodrat dan kemampuannya. Dengan demikian, kedepannya saya sebagai pendidik harus memapu menuntun siswa sesuai kodratnya dan mengimplementasikan prinsip-prinsip Kihadjar Dewantara (KHD), meningkatkan keyakinan, percaya diri, memotivasi diri sendiri, dan mengatualisasikan profil pancasila.

  • Perubahan konkret yang akan saya lakukan setelah memahami pemikiran Ki Hadjar Dewantara
  1. Mengimplementasikan di kelas dengan memberikan rasa nyaman dalam setiap pembelajaran, menerapkan merdeka belajar dengan memberikan kebebasan berinovasi, belajar mandiri, berkolaborasi dan berkreasi.
  2. Mengubah pola pikir yang sebelumnya hanya mengajar, tetapi sekarang lebih ke menuntun dan menganyomi atau dengan kata lain menghambakan diri pada anak sesuai filosofi KHD.
  3. Mengintegrasikan pembelajaran abad 21 untuk mengembang potensi peserta didik
Share:

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Call