1.1.a.5. Ruang Kolaborasi – Mendesain Kerangka Pembelajaran sesuai dengan Pemikiran KHD

urasi :  2 JP (90 menit)
Moda: MandiriTujuan Pembelajaran Khusus:  Peserta mampu mendesain kerangka pembelajaran yang sesuai dengan pemikiran KHD.

Bapak dan Ibu Calon Guru Penggerak (CGP)

Ruang Kolaborasi memberikan ruang perjumpaan bagi Anda untuk bekerja sama dalam mengembangkan sebuah sebuah kerangka pembelajaran sesuai dengan pemikiran KHD yang dapat diimplementasikan pada konteks lokal (budaya) daerah asal Anda. Desain kerangka pembelajaran yang kontekstual menjadi sebuah langkah awal perubahan dan transformasi diri untuk membuat perubahan yang konkret di kelas dan sekolah Anda.

Anda bekerja dalam kelompok yang terdiri dari 5 orang. Hasil desain kerangka pembelajaran yang sesuai dengan pemikiran KHDl akan dipresentasikan di ruang diskusi virtual untuk mendapatkan tanggapan dan pertanyaan dari rekan-rekan Anda dan Instruktur.

Instruksi penugasan kelompok

  1. Anda bekerja dalam kelompok yang terdiri dari 5 orang.
  2. Masing-masing kelompok mendiskusikan tentang:
  3. Apa hal-hal positif yang telah anda pelajari dari pemikiran KHD yang juga anda lihat pada budaya di daerah Anda?
  4. Sepakati satu hal positif dari pemikiran KHD yang akan diterapkan di kelas/ sekolah Anda?
  5. Hasil kerangka pembelajaran sesuai dengan pemikiran KHD akan dipresentasikan di kegiatan ruang kolaborasi sesi 2, kamudian dikirimkan pada kegiatan 1.1.a.5.2. Ruang Kolaborasi – Unggah Kerangka Pembelajaran sesuai dengan Pemikiran KHD.

Bapak/Ibu Guru Calon Guru Penggerak,

Kerangka Filosofis ‘Merdeka Belajar’ mengacu pada 7 Profil Pelajar Pancasila, yaitu: Beriman dan Bertaqwa kepada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia, Kreatif, Gotong Royong, Berkebhinekaan Global, Bernalar Kritis, dan Mandiri. Anda mengembangkan kerangka filosofis ‘Merdeka Belajar’ dengan tujuan utama yaitu ‘Pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila’. Tujuan utama Pendidikan Nasional Indonesia sejalan dengan pemikiran KHD yaitu pendidikan dan pengajaran merupakan usaha persiapan dan persediaan untuk segala kepentingan hidup manusia baik dalam hidup bermasyarakat maupun hidup berbudaya. Oleh sebab itu, segala upaya yang Anda lakukan saat ini adalah persiapan pelajar Indonesia menjadi masyarakat global yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam konteks lokal Indonesia.

Instruksi penugasan kerja kelompok

  1. Pilih satu ‘Profil Pelajar Pancasila’ dalam mengembangkan kerangka ‘Merdeka Belajar’
  2. Identifikasi sumber daya dan potensi (minimal 3 potensi) yang dimiliki oleh sekolah dan kelas Anda yang mendukung ‘Merdeka Belajar’,
  3. Alur kerangka ‘Merdeka Belajar’ adalah sebagai berikut:
    • Tujuan Utama: ‘Pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila’
    • Profil Pelajar Pancasila:__________(tuliskan profil pilihan kelompok)
    • Kompetensi Pelajar Pancasila: __________ (tuliskan kompetensi yang diharapkan dari Profil Pelajar Pancasila yang dipilih kelompok)
    • Indikator Ketercapaian: ____________________
    • Elaborasi hingga pelaksanaan konkret di sekolah dan kelas Anda:
    1. Apa yang akan dilakukan untuk mencapai Profil Pelajar Pancasila yang dipilih?
    2. Mengapa memilih Profil Pelajar Pancasila yang dipilih?
    3. Bagaimana mencapai Profil Pelajar Pancasila yang dipilih?
    4. Siapakah para pihak yang terlihat dan bagaimana peran mereka?
  4. Buatlah desain kerangka filosofis ‘Merdeka Belajar’ sesuai dengan kesepakatan kelompok. Desain dapat berupa infografis, poster, animasi, presentasi dll. 

Kegiatan Web Meeting Ruang Kolaborasi 1.1 Refleksi Filosofi Pedidikan Indonesia Ki Hajar Dewantoro ke-1 dengan Fasilitator

Share:

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Call