22 Mei 2019
  • 10:13 pm Hadameon nasian Debata Yesaya 52 : 7-10
  • 1:01 am RPP Matematika kls 9 smt 1_SMPN 51 BATAM 2015/2016
  • 12:59 am rpp-perbandingan-berpangkat SMP NEGERI 51 BATAM 2015/2016
  • 12:04 am Kesebangunan Dan Kongruen
  • 12:03 am Kesebangunan Dan Kongruen

Untuk ujian, kadang belajar saja tidak cukup. Artikel ini mengupas tips ujian & strategi dalam mengerjakan soal agar mendapatkan hasil yang optimal.

Halo guys! Kalo beberapa artikel sebelumnya gua sering bahas tentang persiapan belajar sebelum ujian, tulisan gua kali ini akan membahas strategi menjawab soal ketika sedang ujian! Nah, mungkin beberapa di antara lo ada yang mikir “emangnya jawab soal aja butuh strategi?”. Jawabannya bisa iya, bisa juga nggak… tergantung dengan bentuk ujiannya seperti apa.

Untuk ujian evaluasi seperti ulangan, quiz, UTS, atau UAS biasanya sih gak perlu strategi khusus untuk ngerjain soalnya. Tapi untuk ujian seleksi seperti SBMPTN, SIMAK UI, UTUL, dan Ujian Mandiri lainnya gua pikir akan jauh lebih optimal kalo lo ngerjain ujiannya dengan mikirin strategi jawab soalnya terlebih dahulu.

“Emang kenapa sih kalo ujian seleksi diperlukan strategi khusus untuk menjawab soal?”

Lo perlu ingat bahwa perbedaan fundamental antara ujian seleksi dengan ujian evaluasi adalah : ujian evaluasi (ulangan, UTS, UAS, dkk) bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana pemahaman lo akan materi tertentu. Sementara ujian seleksi (SBMPTN, SIMAK UI, UTUL, dkk) bertujuan untuk menyaring peserta terbaik yang dianggap layak dengan mengungguli peserta lainnya. Hal itu biasanya ditandai dengan 1 ciri khas dari bentuk ujian seleksi, yaitu:

Ujian seleksi didesain sesulit mungkin supaya bisa menyaring peserta yang layak, makanya soalnya susah, banyak, terus waktunya sengaja dibikin supaya mepet banget! Jadi bisa dibilang, hampir pasti lo gak akan sempet ngerjain semua soal kalo lo ngerjain soalnya dengan kecepatan normal seperti waktu ngerjain ulangan harian atau UTS Sekolah. Masalahnya, banyak siswa yang terbiasa dengan nuansa ujian evaluasi (contoh: ulangan harian) yang waktunya relatif cukup panjang untuk ngerjain semua soal.

Nah, kebiasaan agak ‘santai’ dalam mengerjakan soal ujian evaluasi seperti itu bisa berdampak fatal waktu dilakukan dalam ujian seleksi. Gak jarang, banyak siswa yang kaget waktu ngerjain ujian seleksi karena waktu ujian tinggal 10 menit lagi, tapi dia baru juga ngerjain setengah dari jumlah soal keseluruhan! Nah, karena itulah perlu ada strategi khusus dalam pengerjaan soal ujian seleksi seperti SBMPTN dan Ujian Mandiri.

Oke deh, terus strategi khususnya kayak gimana nih? Sabar, gua sebentar lagi gua akan bahas satu per satu di bawah. Tapi sebetulnya perlu gua tegaskan bahwa sebetulnya apa yang gua bahas di sini tidak mewakili pandangan zenius education secara keseluruhan, tapi berdasarkan pendapat gue pribadi aja. Maksudnya bisa jadi tips ini cocok buat lo, tapi bisa juga ada yang lebih nyaman dengan gaya lain. Pada akhirnya, sebetulnya cara ngerjain soal sih terserah gimana lo nyaman ngerjainnya. Di sini gua cuma memberi masukan, siapa tau tips dari gue ini cocok dan bermanfaat buat lo.

Sumber : https://www.zenius.net

RPP dan Soal IPA kelas IX

Share This:
Pardomuan SitanggangPardomuan Sitanggang

Tes

RELATED ARTICLES
LEAVE A COMMENT