18 September 2019
  • 7:16 am Pemerintah adalah Hamba Allah
  • 9:08 am Tugas Kelompok MTK IX2
  • 9:06 am Tugas Kelompok MTK IX2
  • 9:00 am BILANGAN BERPANGKAT DAN BERAKAR IX2
  • 8:57 am BILANGAN BERPANGKAT DAN BERAKAR IX2

Lukas 6:27-36

“Tetapi kepada kamu, yang mendengarkan Aku, Aku berkata: Kasihilah musuhmu, berbuatlah baik kepada orang yang membenci kamu;mintalah berkat bagi orang yang mengutuk kamu; berdoalah bagi orang yang mencaci kamu.

Barangsiapa menampar pipimu yang satu, berikanlah juga kepadanya pipimu yang lain, dan barangsiapa yang mengambil jubahmu, biarkan juga ia mengambil bajumu.

Berilah kepada setiap orang yang meminta kepadamu; dan janganlah meminta kembali kepada orang yang mengambil kepunyaanmu.

Dan sebagaimana kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah juga demikian kepada mereka.

Dan jikalau kamu mengasihi orang yang mengasihi kamu, apakah jasamu? Karena orang-orang berdosa pun mengasihi juga orang-orang yang mengasihi mereka.

Sebab jikalau kamu berbuat baik kepada orang yang berbuat baik kepada kamu, apakah jasamu? Orang-orang berdosa pun berbuat demikian.

Dan jikalau kamu meminjamkan sesuatu kepada orang, karena kamu berharap akan menerima sesuatu dari padanya, apakah jasamu? Orang-orang berdosa pun meminjamkan kepada orang-orang berdosa, supaya mereka menerima kembali sama banyak.

Tetapi kamu, kasihilah musuhmu dan berbuatlah baik kepada mereka dan pinjamkan dengan tidak mengharapkan balasan, maka upahmu akan besar dan kamu akan menjadi anak-anak Allah Yang Mahatinggi, sebab Ia baik terhadap orang-orang yang tidak tahu berterima kasih dan terhadap orang-orang jahat.

Hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati.”

Diakones R Br Sihombing

1. Banyak yg kita lihat jaman sekarang ini dilihat dari luar adalah orang baik dan padahal mereka adalah singa yg siap mengaum.

2. Menghadapi kejahatan bukanlah kejahatan yg terjadi saat ini tapi mari kita siram lagi supaya semakin bertumbuh firman Yuhan dihati kita.

3. Musuh itu sebenarnya ada dimana bahkan ada musuh terberat adalah kawan kita karena itu muncul istilah musuh dalam selimut maka itu kita harus berhati-hati apa yg kita ucapkan sebab itu akan bisa juga merugikan orang di sekeliling kita.

4. Ada yg mengatakan musuh kita adalah nafsu keinginan kita yg kadang menyusahkan orang lain dan itu merupakan bisikan bisikkan dari Iblis seperti kejadian Kain dan Habel.

5. Jika kita melihat Yusuff adalah saudaranya sendiri dan jangan pernah merasa bahwa Musuh berbuat baik dan dipastikan musuh akan membuat kehancuran.

6. Musuh kita adalah orang yg membenci, yg mengutuk dan mencaci kita dan dalam menghadapi banyaknya musuh itu Yesus memberikan suatu perintah bagi kita yaitu “mengasihi musuh”

7. Mengasihi musuh bukan berarti menyayangi perbuatannya atau setuju dengan perbuatan tapi mengasihi musuh memberikan perhatian khusus dan keprihatinan yg tulus dan keselamatan mereka bukan mengasihi tindakannya. Dan bagaimana bisa dia mengerti akan kesalahannya dan menerapkan kehidupan yg baik.

8. Apa yg kita inginkan perbuatan orang terhadap kita berbuatlah demikian pada orang lain.

Sumber dongan sahuta:

Perintah mengasihi musuh adlh suatu yg sangat sulit dilakukan. Bnyak org beranggapan itu adlh mustahil, konyol & suatu kebodohan. Sebab sangat menyakitkan hati & perasaan bg yg mengalaminya.

Bagaimana Ajaran Iman Kristen tentang Mengasihi Musuh?

1. Kasihilah Musuhmu & Jgn Balas Kejahatan Dgn Kejahatan.

> Membalas kejahatan dgn kejahatan adlh org jahat. Membalas kejahatan dgn kejahatan sama artinya kita menambah penderitaan & LAWAN. Bukan hanya lawan kita saja yg menjadi musuh kita. Akan ttpi secara tdk langsung kita tlh “Melawan, Melanggar Perintah & Tdk Menghargai” Yesus Kristus yg menyerukan utk mengasihi musuh.

> Membalas Kejahatan dgn Kasih, kebaikan & mendoakannya. Sama halnya kita mengurangi LAWAN & Menambah KAWAN. Kristus Yesus yg menyerukan utk mengasihi Musuh akn berpihak & teman para org yg penuh kasih. Utk menghadapi kesulitan itu

> Kita tdk punya hak & kuasa utk membalaskan kejahatan dgn kejahatan. Sbb pembalasan hanyalah hak & kuasa Tuhan. Dan kita dgn org yg membenci kita adlh sama² ciptaan Tuhan. Kita jg tdk terlepas dr dosa. Dan kita hidup hanya olh krn pengampunan Tuhan.

2.Kasih Yang Sempurna.

“Jika kamu mengasihi org yg mengasihi kamu, apakah jasamu?. Jika kamu berbuat baik kpd org yg berbuat baik pdmu, apakah jasamu?. Sbb org berdosa & org jahat pun mengasihi jg org yg mengasihi mrk.

Hal Yang Sama.

> Ketika kita mengasihi org yg mengasihi kita. Dan berbuat baik pd org yg berbuat baik pd kita, mk kualitas iman & kasih kita tdk jauh beda dgn kasih org jahat yg mengasihi sesamanya yg jahat.

> Ketika kita tdk mengasihi org yg mengasihi kita & tdk membalas kebaikan org yg berbuat baik pd kita. Maka kualitas kasih kita DIBAWAH kasih org jahat pd sesamanya yg jahat.

> Ketika kita Mencemooh org yg mengasihi kita & mencemooh kebaikannya. Maka kualitas kasih kita dibawah kasih org jahat (iblis). Sbb iblis tdk pernah mau bersyukur.

> Kasih yg sempurna adlh tdk membalas kejahatan dgn kejahatan. Akn ttpi membalas kejahatan dgn kebaikan & pengampunan walau sangat sakit di hati. Sbb upah kita besar di sorga, dan kita menjadi anak² Allah yg Maha Tinggi.

3. Ada 4 Pilar Panggilan bg org percaya utk menghadapi org yg membenci kita.

Yaitu:

Mengasihi, Mendoakan, Memberkati, dan Berbuat Baik pd org yg membenci kita sampai Yesus Kristus menjemput kita ke Sorga. Amin.

Salam & doa

Tuhan Memberkati

Share This:
PARDOMUAN SITANGGANG

RELATED ARTICLES
LEAVE A COMMENT