DUPAK Fungsional 2017

PETUNJUK SINGKAT

APLIKASI DUPAK EXCEL 2013

Folder yang paling dibutuhkan adalah folder 00. DUPAK Guru 2017 yang berisi file-file Aplikasi DUPAK Excel 2013 yang saling terkait, sehingga file-file tidak bisa di copy secara terpisah, harus 1 (satu) folder langsung.

Adapun langkah-langkah pembuatan DUPAK ini sangatlah mudah, yaitu:

1. Sebelum mengerjakannya, sebaiknya folder 00. DUPAK Guru 2017 dicopy terlebih dahulu, agar ada cadangan apabila ada kesalahan yang mengakibatkan formula yang ada terhapus atau muncul kesalahan pada pengerjaaannya.

2. Apabila dicopy langsung, maka nama folder hasil copy adalah 00. DUPAK Guru 2017 – Copy, gantilah nama folder tersebut dengan nama guru yang akan dibuatkan DUPAK-nya, misalnya 01. Nama Guru.

3. Buka folder 01. Nama Guru maka ada beberapa file didalamnya, yaitu:

4. Perhatian!!! Bahwa untuk pengisian data disarankan (pada beberapa isian tertentu diharuskan) untuk diawali dengan tanda ‘ sebelum mengetikan isian, misalnya mengetikan nama ‘TITIN SUTINI, S.Pd. dan untuk angka, tanggal dan kode diharuskan diawali dengan tanda misalnya mengetikan NIP ‘196809231991032007 atau tanggal misalnya tmt pangkat ’01-04-2008 atau kode misalnya kode pangkat ’41.

5. Pengerjaan awal dimulai dari file 01. File Data Isian Awal, terdiri dari 5 sheet sebagai berikut: 0. Isian Data Awal, 1. Data Pokok, 2. PAK Lama, 3. PAK Tahunan, dan 4. Data Kode.  Pengisian hanya pada sheet 0. Isian Data Awal dan 2. PAK Lama dan/atau 3. PAK Tahunan (apabila dilaksanakan PAK Tahunan).

Langkah pengisian data adalah sebagai berikut:

  1. Sheet 0. Isian Data Awal

Hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam pengisian data disini adalah :

A. KETERANGAN PERORANGAN

  1. Nama, isikan nama dengan gelar yang telah diperoleh maupun yang masih dalam proses pengajuan sekarang, asal ijazah dan transkrip sudah ada, bukan yang masih dalam proses.
  2. Pangkat dan Jabatan, pangkat tidak selalu harus sama dengan jabatan, bisa saja pangkatnya masih IV/a dan jabatan Pembina Tk. I, misalnya PAK sudah diterima tapi karena PAK masih dalam proses verifikasi, bisa saja langsung mengajukan dalam jabatan baru walau pangkat belum diproses.
  3. TMT Jabatan, untuk mengisi tmt jabatan (masih banyak yang salah), mohon dilihat PAK, lihat kolom III di bawah pada kalimat “Dapat dipertimbangkan untuk kenaikan jabatan tmt ….”, tmt ini yang diisikan.
  4. Kode Tugas Tertentu Lain, diisi dengan pilihan kode 1, 2, 3, 4, dan 5 untuk guru yang mendapat tugas tertentu lain, dan kode 6 untuk guru biasa.

Sedangkan baris tuliskan tugas tertentu lain diisi dengan nama/sebutan dari tugas tertentu tersebut. Misalnya untuk kode 3 untuk Ketua Program Keahlian/Program Studi atau sejenisnya, maka pada baris tuliskan tugas …, diisi dengan nama/sebutan yang ada, misalnya Ketua Program Studi, hal ini untuk memperjelas tugas tertentu lainnya itu apa atau misalnya Kode 2 untuk Wakil Kepala Sekolah/Madrasah, dituliskan Wakil Kepala Sekolah, tanpa /Madrasah.

  1. Masa penilaian 16/2009 adalah masa penilaian dalam PKG, sedangkan masa penilaian 84/1993 adalah masa sebelum masa penilaian dalam PKG berlaku atau dilaksanakan dan masa penilaian 84/1993 hanya akan digunakan 1 (satu) kali yang harus berakhir paling lambat 31 Desember 2012 (disesuaikan dengan pelaksanaan PKG di kabupaten/kota masing-masing), setelah berlaku masa penilaian dalam PKG.

B. PENILAIAN KINERJA GURU

a) Jenis Penilaian dipilih dengan memberikan tanda ● sesuai usulan yang diajukan dengan format/teks tertentu yang akan ditampilkan, yaitu pada cover DUPAK dan Surat Pengantar.

  1. Untuk pilihan Kenaikan Jabatan atau Tahunan dapat ditentukan kemudian pada saat format DUPAK akan dicetak, apakah nilai angka kredit kredit telah mencukupi atau belum ? bahwa masa kenaikan jabatan rata-rata adalah 4 (empat) tahun, bisa saja dalam waktu 2 (dua) atau 3 (tiga) tahun ternyata angka kredit telah memenuhi syarat, maka pilihan pada Kenaikan Jabatan.
  2. Sedangkan pilihan Apelan PKB adalah usulan yang telah diajukan, tetapi usul penilaian PKB harus ada yang diperbaiki berdasarkan hasil sidang, maka perbaikan usul PKB khususnya Sub Unsur Publikasi Ilmiah dan/atau Karya Inovatif dapat diajukan pada periode sidang berikutnya.

Isilah isian nomor, tanggal dan perolehan nilai berdasarkan surat pemberitahuan penolakan hasil sidang yang diterima.

b) Tanggal penandatanganan DUPAK diisi dengan kapan DUPAK tersebut akan ditandatangakan ke Pengawas Sekolah/Kepala Sekolah.

Tanggal surat pengantar sekolah diisi dengan kapan DUPAK tersebut akan dikirim ke Sekretariat.

Sedangkan Tanggal surat pengantar dari dinas sebaiknya dikosongkan saja, ini khusus untuk pembuatan surat pengantar untuk usulan kenaikan pangkat/jabatan dari golongan ruang IV/b ke golongan ruang IV/c.

c) Isian pada no. 3 “jika mengajukan penilaian PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan), khusus : “, maka isikan pada kotak publikasi ilmiah dan/atau karya inovatif apabila ada publikasi ilmiah dan/atau karya inovatif yang akan diajukan.

d) Tanggal pengamatan, periode pemantauan, dan rentang pemantauan, diisi sesuai dengan tanggal pada lembar asli pelaksanaan pengamatan dan pematauan yang dilakukan penilaia kinerja guru dimana dalam lembar tersebut terdapat tanggal pelaksanaannya.

e) Tanggal persetujuan adalah tanggal dimana “laporan dan evaluasi penilaian kinerja guru” ditandatangani oleh guru yang dinilai, penilai dan kepala sekolah.

f) Tanggal penandatanganan PKG, adalah tanggal PKG dilaksanakan dan dibuat.

C. KEPALA SEKOLAH

Cukup jelas

D. PENILAI

Cukup jelas

D. KOORDINATOR PKB

Cukup jelas

E. KOMITE SEKOLAH

Cukup jelas, data akan muncul pada data supervisi guru dengan tugas tambahan.

  1. Sheet 1. Data Pokok

Sheet untuk menampilkan data yang telah diisikan pada sheet 0. Isian Data Awal, tidak ada yang harus diisikan disini.

  1. Sheet 2. PAK Lama

Sheet untuk mengisikan nilai jumlah perolehan angka kredit lama sesuai yang telah diperoleh pada sel E6, E7, E8, E9, E10, E11, E14, dan A18 untuk mengisikan kode tingkat pendidikan yang telah diperhitungkan angka kreditnya dan penyesuaian nilai kompoisisi akan secara otomatis diisi sesuai dengan Permendiknas 35/2010, sekali lagi jangan lupa menentukan kode tingkat pendidikan (A18) yang telah diperhitungkan angka kreditnya.

  • Pendidikan sekolah dan memperoleh gelar atau ijazah, apabila jumlah angka kredit sama dengan ketentuan (S1=100, S2=150, dan S3=200), maka jumlah langsung diisi ke kolom yang ada, apabila jumlah lebih besar dari ketentuan, maka kelebihan jumlah ditambah/dimasukkan ke kolom melaksanakan pengembangan diri, dan apabila jumlah kurang dari ketentuan, maka kekurangan jumlah angka kredit diambil dari unsur penunjang, dan apabila jumlah unsur penunjang kurang dari kekurangan jumlah yang dibutuhkan untuk memenuhi ketentuan, maka jumlah bisa diambil dari unsur utama.
  • Diklat kedinasan serta memperoleh STTPL, jumlah angka kredit dimasukkan pada kolom melaksanakan pengembangan diri sesuai jumlah yang ada.
  • Pengembangan profesi, jumlah angka kredit dimasukkan pada kolom melaksanakan publikasi ilmiah sesuai jumlah yang ada.
  • Jumlah angka kredit pada kolom lainnya, sesuai dengan nama kolom sebelumnya, tidak berubah.

Namun apabila telah memperoleh penetapan angka kredit berdasarkan Permenpan dan RB 16/2009 baik dari PAK Penyesuaian maupun PAK kenaikan jabatan, maka kolom yang diisi adalah tabel Komposisi PAK Lama berdasarkan Permendikbud Nomor 4 Tahun 2014 pada sel Q8, Q9, Q10, Q12, Q13, Q14, dan Q17.

  1. Sheet 3. PAK Tahunan

Digunakan untuk yang melaksanakan PAK Tahunan, bagi yang melaksanakan kenaikan pangkat/jabatan secara bersamaan tidak perlu diisi, karena setiap tahun tidak mengajukan usulan PAK Tahunan.

  1. Sheet 4. Data Kode

Sheet kumpulan data kode yang digunakan dalam aplikasi ini, hanya untuk keamanan sheet ini sengaja disembunyikan.

PERHATIKAN!!! Sebagian besar sheet di dalam aplikasi ini diproteksi sekedar untuk menjaga formula atau link yang ada, adapun untuk membuka proteksi gunakan kata kunci “satria”.

5. Selanjutnya file 02. Daftar Usul PKG yang isian datanya berasal dari file 0. File Data Isian Awal sheet 0. Isian Data Awal kecuali beberapa sheet yang harus diisi. Adapun file 02. Daftar Usul PKG terdiri dari 22 sheet, yaitu:

1) 1. Cover Utama

Untuk halaman depan dari DUPAK Guru, periksa apakah ada kesalahan pengetikan data pada file 0. File Data Isian Awal sheet 0. Isian Data Awal. Apabila sudah sesuai, tinggal dicetak saja.

2) 2.1 SP BP3 Wil V

Surat Pengantar dari Balai Pelayanan dan Pengawasan Pendidikan Wilayah V yang dibuatkan khusus untuk kenaikan pangkat/jabatan dari golongan ruang IV/b ke golongan ruang IV/c ke atas.

Periksa apakah data sudah sesuai, apabila sudah sesuai tinggal dicetak saja.

3) 2.2 SP Sekolah

Surat Pengantar dari sekolah yang ditujukan kepada Balai Pelayanan dan Pengawasan Pendidikan Wilayah V untuk semua kenaikan pangkat/jabatan termasuk untuk kenaikan pangkat/jabatan dari golongan ruang IV/b ke golongan ruang IV/c ke atas.

Periksa apakah data sudah sesuai, apabila sudah sesuai tinggal dicetak saja.

4) 3.1. Verifikasi

Merupakan Lembar Verifikasi Berkas Usulan yang diajukan untuk memudahkan dalam pemeriksaan berkas apakah sudah sesuai dengan persyaratan yang ditentukan.

File ini untuk semua kenaikan pangkat/jabatan termasuk untuk kenaikan pangkat/jabatan dari golongan ruang IV/b ke golongan ruang IV/c ke atas.

Periksa apakah data sudah sesuai dan isikan data yang diperlukan dengan memberi tanda V pada berkas yang diajukan, apabila sudah sesuai tinggal dicetak saja.

5) 3.2. Usul PKB

Merupakan isian untuk usulan penilaian Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yaitu Pengembangan Diri, Publikasi Ilmiah dan/atau Karya Inovatif. File ini selain sebagai Lembar Penilaian Sub Unsur Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan oleh Tim Penilai Teknis, data juga untuk pengisian Lampiran III Surat Pernyataan Melaksanakan Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.

File ini untuk semua kenaikan pangkat/jabatan termasuk untuk kenaikan pangkat/jabatan sampai dengan ke golongan ruang IV/b.

Periksa apakah data sudah sesuai dan isikan data sesuai dengan bukti fisik PKB yang diajukan, apabila sudah sesuai tinggal dicetak saja.

6) 3.3.1. PTK Ke 1

Merupakan isian hanya judul dan waktu penelitian saja yang perlu diperhatikan agar terisi dengan benar, karena Lembar ini akan digunakan untuk penilaian oleh Tim Penilai Teknis khususnya dalam penilaian laporan hasil penelitian tindakan kelas maupun sekolah.

File ini untuk semua kenaikan pangkat/jabatan termasuk untuk kenaikan pangkat/jabatan sampai dengan ke golongan ruang IV/b.

Periksa apakah data sudah sesuai dan isikan data sesuai dengan bukti fisik PKB yang diajukan, apabila sudah sesuai tinggal dicetak saja.

7) 3.3.2. PTK Ke 2

Penjelasan sama dengan  angka 6) 3.3.1. PTK Ke 1, hanya ini untuk PTK yang kedua yang diajukan.

8) 3.3.3. PTK Ke 3

Penjelasan sama dengan  angka 6) 3.3.1. PTK Ke 1, hanya ini untuk PTK yang ketiga yang diajukan.

Apabila mengajukan lebih dari 3 (tiga), silahkan disalin dan disisipkan sheet ini untuk menambahkannya.

9) 3.4. Ijazah Baru

Merupakan isian untuk yang mengajukan usulan penilaian perolehan ijazah baru, isikan dengan data yang benar.

10) 4. Batas Berkas

Tinggal cetak saja.

11) 5. Cover DUPAK

Tinggal cetak saja.

12) 6. Rekap Nilai

Tinggal cetak saja, setelah seluruh proses pengisian data usulan selesai yaitu isian pada sheet 8. Format Baru dan 9. Format Lama serta data usulan yang diisi sudah dianggap sesuai dengan bukti fisik yang diajukan.

Jadi sebelum data isian pada sheet 8. Format Baru dan 9. Format Lama belum diisi, maka sheet 6. Rekap Nilai jangan dicetak.

13) 7. Perorangan

Periksa apakah ada kesalahan pengetikan data pada file 0. File Data Isian Awal sheet 0. Isian Data Awal. Apabila sudah sesuai, tinggal dicetak saja.

File ini untuk semua kenaikan pangkat/jabatan termasuk untuk kenaikan pangkat/jabatan sampai dengan ke golongan ruang IV/b, tapi bisa juga untuk semuanya. Pilihan.

14) 8. Format Baru

Sheet ini tidak untuk dicetak. Isi sesuai dengan usulan penilaian yang diajukan berdasarkan bukti fisik yang diajukan. Pengisian nilai disini tanpa harus diawali dengan tanda , langsung saja diisi dengan angka yang sesuai dan disikan pada kolom (f) saja pada masing-masing tahun sesuai dengan tahun perolehannya.

Sheet ini hanya untuk penilaia berdasarkan Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 tahun 2009 yang mulai berlaku pada tanggal 1 Januari 2013, tapi hal ini tergantung pelaksanan Penilaian Kinerja Guru yang dilaksanakan oleh masing-masing kabupaten/kota.

Kolom pada sheet ini untuk sementara hanya sampai penilaian PKG tahun 2016 tetapi sheet yang ada sebetulnya sudah disiapkan sampai dengan tahun 2020 artinya semoga dapat dipergunakan untuk kenaikan pangkat/jabatan berikutnya.

15) 9. Format Lama

Sheet ini bisa dicetak atau tidak dicetak tergantung pilihan. Isi sesuai dengan usulan penilaian yang diajukan berdasarkan bukti fisik yang diajukan sampai dengan penilaian 31 Desember 2012 atau tergantung pelaksanan Penilaian Kinerja Guru yang dilaksanakan oleh masing-masing kabupaten/kota.

Pengisian nilai disini tanpa harus diawali dengan tanda , langsung saja diisi dengan angka yang sesuai dan disikan pada kolom (f) saja pada masing-masing tahun sesuai dengan tahun perolehannya.

Khusus untuk pengisian pada butir kegiatan yang terdiri dari 3 (tiga) baris pilihan angka kredit, maka pada baris ke 1 adalah untuk golongan 2, baris ke 2 adalah untuk golongan 3, dan baris ke 3 adalah untuk golongan 4. Pengisian berdasarkan jumlah semester atau tahun perolehan bukti fisik penilaian.

16) 10. Lampiran I (1)

Apabila telah selesai mengisikan data pada 8. Format Baru dan 9. Format Lama, maka sheet ini tinggal dicetak saja apabila datanya sudah dianggap benar dan sesuai dengan bukti fisik yang diajukan.

17) 11. Lampiran I (2)

Sheet ini sebetulnya tinggal dicetak saja, tetapi apabila ada hal yang ingin ditambahkan sebagai catatan pada kolom Lampiran Pendukung Dupak butir 5 dan butir 6, silahkan diisikan sesuai dengan tambahan catatan yang ingin disampaikan.

18) 12. Lampiran II

Sheet ini diisi hanya pada kolom melaksanakan proses pembelajaran/bimbingan dan tugas tertentu lainnya sesuai dengan bukti fisik yang diajukan dengan nilai dan kategori yang diperleh berdasarkan hasil pengisian data pada 8. Format Baru .

19) 13. Lampiran III

Sheet ini diisi hanya pada kolom yang sesuai dengan bukti fisik yang diajukan.

20) 14. Lampiran IV

Sheet ini diisi hanya pada kolom yang sesuai dengan bukti fisik yang diajukan.

21) 15. Batas PBM

Tinggal cetak saja.

22) 16. Batas Penunjang

Tinggal cetak saja.

Demikian petunjuk singkat pengisian DUPAK Guru 2017, yang diawali dengan pengisian data pada file 01. File Data Isian Awal khusus pada sheet 0. Isian data Awal dan 2. PAK Lama dan dilanjutkan dengan pengisian data pada beberapa sheet pada file 02. Daftar Usul PKG.

Mudah-mudahan dengan adanya aplikasi DUPAK Guru 2017 ini dapat membantu kegiatan penyusunan berkas dalam rangka penilaian dan penetapan angka kredit jabatan fungsional guru di lingkungan Balai Pelayanan dan Pengawasan Pendidikan Wilayah V, tidak hanya bagi pengusul tapi juga bagi penilai baik tin penilai maupun tim teknis.

Adapun untuk file lainnya yaitu file 03. PKG GK-MP, 04. PKG BK, 05. PKG Kepala, 06. PKG Wakil Kepala, 07. PKG Ketua Program Keahlian, 08. PKG Kepala Perpustakaan, dan 09. PKG Kepala Laboratorium, bahkan untuk file 10. PKB Evaluasi Diri akan disampaikan pada file terpisah pada saat pelaksanaan PKG pada tahun 2017 yang akan datang. Mudah-mudahan.

Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya, untuk informasi lebih lanjut apabila ada hal yang ingin ditanyakan silahkan hubungi dengan WA atau Telegram pada kontak tersedia di website

Contoh Dupak

Share This:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *